Miris, Jalan Wilayah Timur Kabupaten Klaten Rusak dan Tanpa PJU

jalan-kabupaten-klaten-rusak
JALAN KABUPATEN: Jalan kabupaten di timur Desa Bulan sampai Bentangan, Kecamatan Wonosari rusak berat sejak lama. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Jalan di sebelah timur Desa Bulan sampai Desa Bentangan, Kecamatan Wonosari kondisinya rusak semakin berat. Selain rusak, jalur kewenangan kabupaten itu tidak dilengkapi lampu penerangan jalan umum (PJU).

” Semen cornya sudah banyak yang hilang dan muncul lubang,” kata Sunardi, pengguna jalan, Jumat (18/10).

Menurutnya kerusakan jalan di jalur itu sudah setahun terakhir semakin berat. Pernah dicor semen tetapi tidak bertahan lama karena berada di tepi persawahan. Kerusakan menyebabkan balok-balok cor bermunculan sehingga membahayakan pengguna jalan. Semen yang sudah rusak, terutama di sisi selatan jika hujan akan memunculkan lubang yang bisa mencelakakan.

Padahal jalanya cukup lebar dan ramai sebab dilalui kendaraan dari utara dan selatan. Jalur itu merupakan jalur alternatif dari Kota Kecamatan Wonosari yang akan ke Kota Kecamatan Juwiring dan Pedan. Setiap hari warga melintas dengan berbagai keperluan. Selain rusak, di jalur itu minim lampu penerangan jalan.

Baca : Baru Sebulan Selesai Dibangun Saluran Air Jalan Karangnom Jebol

Baca : Mabes Polri Turun Tangan Gerebek Judi Di Kabupaten Klaten

Akibatnya jika sudah di atas pukul 21.00 sudah jarang warga melintas di lokasi dan memilih jalur melintasi Desa Jelobo yang lebih jauh. Andai saja jalan bagus dan penerangan memadai, jalur itu akan ramai dipilih masyarakat.

Diusulkan

Yudi, warga lain mengatakan selain jalur ekonomi dan pertanian, jalan itu merupakan jalur wisata religi ke Desa Ngreden. ” Jalur itu jalur hajat hidup orang banyak tetapi rusak tidak kunjung direhab,” ungkapnya.

Baca : Tega, Ada Upaya Pencurian PJU di Klaten, Dinas PU Sesalkan

Di saat Pemkab banyak mengaspal jalan di kota, membangun taman dan gedung-gedung, jalan desa malah luput dari perhatian.

Kepala Desa Bulan, Kecamatan Wonosari, M Ridwan mengatakan kerusakan jalan itu sudah lama. Pemerintah desanya sudah berulangkali mengusulkan perbaikan di forum musyawarah perencanaan pembangunan di kecamatan. Namun berkali-kali diusulkan juga tidak ada perbaikan permanen. Di lokasi juga tidak ada lampu PJU, padahal jalur itu berada di kewenangan Pemkab Klaten. Desa tidak mungkin membangun jalur itu sebab di luar kewenangan dan bisa menyalahi aturan. (Achmad H)

Baca : Pilkades Gelombang III di Kabupaten Klaten Usai, Ini Hasil Rekpitulasi Suara Cakades

Editor : Sri Hartanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here