Jadi Korban GPS, Bus Sudiro Tungga Jaya Kesasar di Gunung Tunggangan

bus-korban-gps-tirtomoyo-wonogiri
BUS KANDAS : Warga berkerumun melihat bus yang kandas di salah satu tikungan jalan Tirtomoyo-Jatiroto, Gunung Tunggangan, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (19/10). (suaramerdekasolo.com/Dok).
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebuah bus Sudiro Tunggal Jaya kandas di salah satu tikungan jalan Tirtomoyo-Jatiroto, Gunung Tunggangan, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (19/10). Bus bernomor polisi AE 7034 UP itu diduga kesasar karena sang sopir mengikuti petunjuk arah global possitioning sytem dari ponsel.
 
Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Kapolsek Tirtomoyo AKP Sarno dan Paur Subbag Humas Aipda Iwan Sumarsono menuturkan, bus itu kandas dari pukul 07.00-12.30 WIB.
 
“Bus Sudiro Tunggal Jaya terjebak di jalan di tengah hutan Bukit Tunggangan. Tepatnya di perbatasan Kecamatan Tirtomoyo-Jatiroto,” kata Iwan.
 
Belum Kenal Medan
 
Bus yang dikemudikan Sektiawan Aji Suwanto (38) warga Pandansari, RT2 RW1 Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tersebut awalnya hendak berangkat dari Jatiroto ke Tirtomoyo. Sopir belum mengenal medan, sehingga mengandalkan GPS sebagai penunjuk jalannya.
“Menurut keterangan sopir, semula jalannya lebar,” ujarnya.
 
Namun, setelah sampai di atas bukit, jalan semakin menyempit dan banyak tikungan tajam. Alhasil, bus tersebut terjebak di salah satu tikungan. Bus kandas dan tidak bisa jalan karena jalurnya terlalu sempit, menanjak dan menikung tajam.
 
Proses evakuasi berlangsung hingga enam jam, dilakukan dengan menggerakkan bus sedikit demi sedikit. Bus melakukan manuver maju mundur sedikit demi sedikit sehingga berhasil lolos di tikungan tersebut, sekitar pukul 12.30 WIB. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” katanya. (Khalid Yogi)
 
Editor : Budi Sarmun 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here