Angin Kencang Terjang 5 Kecamatan Di Karanganyar, Puluhan Rumah Alami Kerusakan

angin-kencang-terjang-ngargoyoso
EVAKUASI : Relawan mengevakuasi pohon tumbang yang menghalangi jalan di wilayah Kecamatan Ngargoyoso, usai terjadi angin kencang yang berembus di wilayah tersebut, Minggu (20/10). (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com. Puluhan rumah rusak di lima kecamatan rusak, akibat angin kencang yang bertiup Minggu (20/10) siang dan sore.

Lima wilayah yang terdampak angin puting beliung adalah Ngargoyoso, Jenawi, Jatiyoso, Karangpandan dan Tawangmangu. Atap rumah milik warga beterbangan, karena tak kuat menahan embusan angin kencang.

Dari data sementara yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, tak kurang 54 rumah yang rusak akibat bencana tersebut.

Kerusakan terbanyak di wilayah Ngargoyoso, mencapai 37 rumah. Kemudian di Jatiyoso ada 11 rumah, 2 rumah di Karangpandan dan 4 rumah di Jenawi. Sedangkan kerusakan di wilayah Tawangmangu masih dalam proses pendataan.

Sekretaris BPBD Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan tim ke lapangan untuk mendata kerusakan, sekaligus mengirimkan logistik dan membantu kerja bakti.

“Selain gotong royong memperbaiki kerusakan rumah, juga membersihkan lingkungan karena ada pohon yang tumbang,” katanya, mewakili Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Bambang Djatmiko, Senin (21/10).

Masa Pancaroba

Bentuk kerusakan mayoritas adalah atap rumah kabur ditiup angin, ataupun rusak karena tertimpa pohon.

“Di Jatiyoso, ada satu warga yang luka ringan karena kepalanya terkena seng yang kabur,” tuturnya.

Belum diketahui, nilai kerugian akibat fenomena alam yang biasa terjadi saat masa pancaroba tersebut.
Dia menambahkan, masyarakat diminta mewaspadai masa pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

“Pancaroba biasanya sering terjadi angin kencang. Masyarakat kami minta berhati-hati, saat beraktivitas di luar ruangan ketika terjadi angin kencang. Jika di pekarangannya punya pohon yang rimbun, lebih baik dipangkas,” katanya. 

Sementara itu, Camat Tawangmangu Rusdiyanto mengatakan, ada satu rumah yang rusak berat akibat angin kencang. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

 

 

Tinggalkan Pesan