Peringatan Hari Santri Wonogiri, Sekda : Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia

peringatan-hari-santri-wonogiri
MENGIKUTI UPACARA : Para santri mengikuti upacara Hari Santri di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Selasa (22/10). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

 

WONOGIRI,suaramerdeksolo.com – Ribuan santri dan siswa madrasah mengikuti peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Selasa (22/10).

Kesempatan itu juga diisi dengan penyerahan hadiah untuk para peraih juara Pekan Olah Raga dan Seni Antardiniyah (Persadin) tingkat Provinsi Jateng dari Wonogiri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonogiri Suharno yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Agama RI.

“Peringatan Hari Santri 2019 ini mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia,” kata Suharno.

Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural.

Di samping itu, keterpilihan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sejak 2 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020, membuat bargaining position Indonesia dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia semakin kuat.

Hal itu menjadi momentum bagi seluruh bangsa, terutama kalangan santri agar turut berperan aktif mengemban misi perdamaian di dunia internasional.

Dalam upacara Hari Santri di Kabupaten Wonogiri itu, empat santri menerima hadiah. Mereka adalah Titis Syam Masithoh, Arina Alfi Rahmatika, dan Wanidah Salsabila Az Zahra dari Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum Purwantoro. Mereka meraih juara pertama Cerdas Cermat Diniyah Porsadin tingkat Jateng 2019.

Selain itu, Alya Amelia Amany dari Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum Purwantoro meraih juara dua lomba Musabaqah Qiroatul Kutub Porsadin tingkat Jateng 2019. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here