Ulang Tahun, Mudrick Sangidoe Resmi Pegang Dan-I Shorinji Kempo

mudrick-dan-I-kempo1
NAIK TINGKAT : Panglima Besar Mega Bintang dinyatakan naik tingkat Dan-I dan menyandang sabuk hitam yang disematkan oleh pendiri Kempo Indonesia SS Indra Kartasasmita.(suaramerdekasolo.com/dok)

 

ADA kaitan apa antara ulang tahun tokoh Mudrick Sangidoe dengan kenaikan tingkat Dan-I beladiri Kempo.
Bukannya dua hal itu yang sejauh ini jarang diungkap ke publik. Karena sosok yang dikenal Panglima Mega Bintang ini lekat dengan kritikan keras kepada pemerintah atau rezim yang dianggap menindas rakyat.

Nah ceritanya begini, bertempat di Student Center UNS Solo, Minggu, (20/10) telah dilaksanakan latihan bersama (gashuku) dan ujian kenaikan tingkat (UKT) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Jateng oleh pendiri Parkemi Indonesia, SS Indra Kartasasmita.

UKT ini diikuti oleh anggota Perkemi se-Jawa Tengah yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat.

Salah satu anggota Perkemi Kota Surakarta adalah tokoh sekaligus pendiri Mega Bintang, Mudrick S Sangidu yang menjadi satu dari 20 orang masuk daftar penggantian sabuk dari coklat menuju hitam langsung disampaikan oleh SS Indra Kartasasmita.

Kepada penulis Mudrick menyampaikan bahwa keikut sertaannya dalan ujian ini karena telah dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat ke Dan-I.

“Saya ikut dites, langsung oleh guru besar Kempo Indonesia yang hadir. Jadi sabuk Dan-I ini bukan hadiah atau pemberian, saya benar-benar lulus ujian kenaikan tingkat,” ungkapnya.

Kehormatan

Selama ini anggota Mega Bintang telah mengikuti kegiatan Perkemi sebagai ajang silaturahmi, sekaligus sebagai sarana berolah raga serta penempaan dalam bela diri yang berwawasan Ketuhanan, Kemanusiaan dan Kebangsaan sesuai dengan sumpah yang dibaca setiap kali mengadakan latihan.

mudrick-dan-I-kempo1

Bagi dirinya kempo adalah salah olahraga favorit yang selama empat tahun ini tekun dilatihnya, sampai menyandang sabuk hitam ini.

Setelah dinyatakan lulus dari sabuk coklat ke sabuk hitam dan berhak memperoleh tingkat Dan-I, Mudrick menyampaikan apresiasi dan terimakasih serta penghormatan yang setinggi tingginya kepada SS Zulkifli Nasution, Guru Besar Kempo, seluruh pengurus dan pelatih Perkemi Solo yang telah memberikan pelatihan kepada anak anak Mega Bintang.

Disampaikan juga bahwa pada akhir bulan ini genap berusia 76 tahun, maka kenaikan tingkat ini merupakan hadiah ulang tahun dan kehormatan.

“Sungguh ini sebuah kado istimewa bagi saya. Di usia saya sekarang ini masih diberi nikmat kesehatan. Ditambah saya dinyatakan lulus dan berhak menyandang sabuk Dan-I.”

Mudrick meminta seluruh Anggota Perkemi memegang teguh sumpah janji anggota yaitu Demi Tanah Air, Demi Kemanusiaan dan Demi Persaudaraan.

“Terutuma sekali kalian yang masih muda muda jangan sampai kalah dengan kami yang sudah tua-tua ini,” ujarnya.

Sementara itu Anton Bruri Rahmat Hidayat, ketua pengurua kota Perkemi Solo saat dikonfirmasi membenarkan bila tokoh senior di PPP ini lulus ujian Dan-I.
“Dari 20 orang calon pemegang Dan-I, salah satunya Pak Mudrick
Malah beliau yang paling senior (sepuh-red),” kata Anton.
Dalam proses kenaikan tingkat ini diikuti dan dihadiri para guru besar kempo di Tanah Air. (Budi Santoso)

Editor : Nindya Achmadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here