UMK 2020 Klaten Naik Rp 152.760, SPSI Setuju

umk-klaten
PENCARI KERJA: Para pencari kerja mengantre mendaftar di arena Klaten Job Fair 2019 di GOR Geralsena, pekan lalu. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)


KLATEN,suaramerdekasolo.com – Upah minimum kabupaten (UMK) Klaten tahun depan diusulkan naik sebesar Rp 152.759/ bulan. Kenaikan UMK itu masuk dalam usulan UMK tahun 2020 yang sudah disepakati di dewan pengupahan.

”Memang ada kenaikan sebab UMK 2020 yang kita usulkan sebesar Rp 1.947.821 dan semua sudah disepakati di dewan pengupahan saat rapat Kamis (31/10) lalu,” ungkap Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemkab Klaten, Heru Wijoyo, Senin (4/11).

Menurut Heru, penentuan besaran UMK kabupaten/ kota beberapa tahun terakhir sudah menggunakan aturan baru berdasarkan PP nomor 78 tahun 2016 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja 15 tahun 2015. Di dalamnya sudah mengatur rumusan tentang penghitungan UMK yaitu upah minimum tahun berjalan ditambah upah minimum tahun berjalan dikalikan inflasi tahunan yang pertumbuhan produk domsetik bruto). PDB nasional tahun ini sebesar 5,12 persen dan nilai inflasi pada angka 3,39 persen.

Baca : Berapa Besaran UMK Sragen, Di Bawah Ini Ada Daftarnya

Baca : Usulan UMK Karanganyar Tertinggi Di Solo Raya, Berikut Ini Kisarannya

Dari hasil penghitungan bersama dewan pengupahan yang terdiri dari pengusaha, pemerintah dan pekerja di Klaten didapatkan angka 1.947.821, 16. Angka itulah yang akan diusulkan untuk ditetapkan Gubernur melalui Bupati.

Di Kabupaten Klaten, kata Heru, angka UMK yang akan diusulkan merupakan hitungan riil. Meskipun ada koma tetap dicantumkan dan tidak ada pembulatan seperti di kabupaten lain. Soal nantinya Gubernur memutuskan lain, daerah akan menerima.

Usulan itu Senin (4/11) disampaikan ke Gubernur melalui Bupati. Setelah itu, kewenangan penentuan UMK sepenuhnya di tangan gubernur. Semua unsur di dewan pengupahan sudahsepakat dan tidak ada penolakan.

Usulan UMK itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 1.795.061, 35. Biasanya UMK akan ditetapkan di bulan November untuk selanjutnya disosialisasikan. Dinas optimistis tidak ada lagi yang keberatan sebab saat penetapan semua unsur sudah ada.

Baca : Mau Tahu Besaran UMK Wonogiri 2020, Ini Kisarannya ?

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Klaten, Sukadi mengatakan buruh menerima dan menyetujui kesepakatan itu.
”Kami sudah menyepakati tetapi ada beberapa hal yang menjadi catatan,” katanya. (Achmad H)

Baca : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here