60 Motor Diamankan Selama Operasi Zebra 2019 Di Boyolali

operasi-zebra-2019-polres-boyolali
SURAT KENDARAAN: Petugas memeriksa surat kendaraan dalam Operasi Zebra yang digelar di jalan raya Komplek Setda Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Tak hanya menindak pelaku pelanggaran lalu lintas, Sat Lantas Polres Boyolali juga mengamankan 60 sepeda motor. Langkah itu dilakukan selama Operasi Zebra 2019 yang digelar sejak 23 Oktober-5 November 2019.

“Sepeda motor itu diamankan karena dicurigai sebagai barang bukti hasil kejahatan,” ujar Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Dwi Panji Lestari, Selasa (5/11).

Dijelaskan, barang bukti sepeda motor diamankan, karena pengendaranya tak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan (STNK) yang digunakan saat terjaring razia. Penyitaan sebagai barang bukti itu harus dilakukan jika pengendara tak bisa menunjukkan surat kendaraan.

Baca : Tunggakan Pajak Bermotor di Jateng Senilai ABPD Kota Depok

Baca : Selama Operasi Candi 2019, Polres Wonogiri Tangkap Sembilan Tersangka Kasus Curanmor

“Itu penting untuk menyelidiki kendaraan tersebut, apakah merupakan hasil kejahatan atau motor bodong.”

Pasalnya, polisi tak bisa percaya tanpa adanya dokumen pendukung bahwa kendaraan tersebut benar-benar resmi. Misal, saat terjaring razia, pemilik kendaraan lupa tak membawa STNK maka s kendaraan akan diamankan.

Namun demikian, lanjut Kasat Lantas, pemilik motor bisa melakukan penukaran barang bukti motor tersebut dengan surat- kendaraanya. Jadi kendaraan bisa diambil, namun tetap proses hukum pelanggaran lalu lintas tetap diproses.

“Pelaku pelanggaran tetap disidang di PN Boyolali sesuai jadwal yang telah ditentukan.”

Baca : Operasi Candi Klaten, Kepadatan Jalur Selatan Jawa Diwaspadai

Baca : Waduh, Dua Hari 500 Pelanggar Ditilang , Operasi Zebra Candi 2019 Polres Klaten

Selama dilakukan razia, sedikitnya ada 3.500 pengendara ditindak. Semua pengendara yang tak tertib dalam berlalu lintas itu diganjar sanksi tilang. Polisi juga mengamankan total sebanyak 2.600 STNK.

“Dibandingkan Operasi Zebra tahun lalu, jumlah pelanggar kali ini mengalami penurunan.”

Saat Operasi Zebra tahun lalu, jumlah pelanggaran mencapai 4.378 pengendara. Sedangkan jumlah kecelakaan ada 35 kasus. Sedangkan pada Operasi Zebra tahun ini hanya 24 kasus kecelakaan dan tidak ada korban jiwa. (Joko Murdowo)

Baca : Jangan Biarkan Anak-Anak Naik Motor, Polres Gelar Operasi Zebra

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here