Bupati Wonogiri Pertanyakan Penyebaran Angket Lima Hari Sekolah

angket-sekolah-lima-hari-wonogiri
FOTO IOLSUTRASI

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengaku belum menerima laporan dan pemberitahuan tentang penyebaran angket untuk menghimpun pendapat mengenai rencana penerapan lima hari sekolah di SMP Negeri. Dia justru mempertanyakan urgensi dan relevansi polling atau penyebaran angket.

“Apa yang mendasari, apa relevansinya tiba-tiba mengadakan polling? Tidak ada hujan, tidak ada angin, tidak ada masalah dengan enam hari sekolah, tiba-tiba mengadakan polling. Masyarakat jangan dihadapkan pada polemik,” katanya, Kamis (7/11).

Pihaknya justru khawatir apabila diterapkan lima hari sekolah. Pasalnya, hari libur atau waktu luang anak-anak menjadi terlalu panjang. “Libur Sabtu dan Minggu ditemani gadget<. Anak yang sedang tumbuh berkembang mencari jati diri kemudian berselancar di dunia maya hanya ditemani <I>gadget<P>. Kira-kira mau jadi apa generasi kita?” imbuhnya.

Baca :  Prihatin Bendera HTI SMK 2 Sragen, MUI Minta Waspadai Faham Radikalisme Lewat Sekolah

Baca : Aktivitas Perkantoran dan Sekolah Normal, Aparat Jamin Keamanan Wamena


Sebelumnya diberitakan, setiap SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri telah menggelar polling atau menyebar angket untuk menghimpun pendapat mengenai rencana penerapan lima hari sekolah. Sampai saat ini, proses penyebaran angket tersebut sudah mencapai sekitar 80%. Sebagian besar responden menyatakan setuju diadakannya lima hari sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti menerangkan, satuan pendidikan bisa melaksanakan pembelajaran selama 40 jam dalam seminggu. Penerapan lima hari sekolah di SMA dan SMK selama ini bisa berjalan dengan baik. Oleh karenanya kebijakan serupa juga tengah dikaji untuk SMP.

Angket disebarkan kepada siswa, orang tua siswa, guru, komite sekolah, dan masyarakat yang berkaitan dengan satuan pendidikan tersebut. “Sampai saat ini sudah 80%. Sebagian besar setuju,” katanya, Selasa (5/11). (J11-)

Baca : 24 Sekolah Ambil Bagian dalam Festival Ketoprak Pelajar SMA X 

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here