Proses KBM Kelas III SDN 3 Bolon Colomadu Dipindah Karena Ruang Kelas Rusak

ruang-kelas-sd-bolon-rusak
RUSAK : Atap ruang kelas III SDN 3 Bolon di Kecamatan Colomadu, rusak. Ruang tersebut saat ini dikosongkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Siswa kelas III di SDN 3 Bolon di Kecamatan Colomadu, terpaksa harus pindah ke ruangan kelas II untuk kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, ruang kelas mereka rusak parah.

Sebagian plafon atap runtuh, menyisakan sisa plafon yang bolong-bolong. Pecahan plafon terlihat berserak di lantai. Dinding kelas juga retak. Ruang kelas tersebut saat ini dikosongkan, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Kerusakan juga terjadi pada kelas lain. Hanya saja, kerusakan yang paling parah terjadi di ruang kelas III. Untuk sementara, 21 siswa kelas III pindah belajar ke ruang kelas II. Sementara siswa kelas II sebanyak 12 anak pindah belajar ke ruang perpustakaan.

Kepala SDN 3 Bolon Rustini mengatakan, pindahan kelas tersebut berlangsung sejak Januari 2019. “Kami sudah melaporkan kerusakan ini ke dinas terkait. Khawatirnya, jika tidak segera diperbaiki, akan semakin parah kerusakannya,” katanya, Senin (11/11).

Rustini mengatakan, retakan pada dinding kelas III mengarah ke dinding pembatas dengan bangunan kelas II yang bersebelahan. Padahal, ruangan kelas II saat ini digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas III.

“Beberapa bagian ruang kelas lain juga ada yang mengalami kerusakan serupa. Terutama di bagian atap. Pas hujan angin beberapa waktu lalu, ada genting yang terbang. Sehingga bolong,” jelasnya.

Setahu Rustini, bangunan sekolah direhab terakhir pada 2010, dengan sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK).
“Kami sudah laporkan hal ini ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), agar mendapatkan perhatian. Informasi yang kami terima, perbaikan akan dilakukan tahun depan,” ujarnya.

Sekretaris Disdikbud Agus Haryanto saat dikonfirmasi via Whatsapp menyebutkan, perbaikan SDN 3 Bolon sudah masuk dalam usulan rencana kegiatan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here