Lagi, Puting Beliung Terjang Kecamatan Juwangi

angin-puting-beliung-juwangi
BENAHI ATAP: Sejumlah warga membenahi atap rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Ngaren, Kecamatan Juwangi, Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Bencana angin putting beliung kembali menerjang wilayah Kecamatan Juwangi, Jika sebelumnya bencana terjadi di Desa Jerukan, Sabtu (9/11) sore, kali ini bencana melanda Desa Ngaren pada Senin (11/11) pukul 16.00 WIB.

Menurut keterangan warga, Sriyono, sorew itu turun hujan. Mendadak terjadi tiupan angin kencang yang suaranya bergemuruh. Warga pun kaget dan mencoba berlindung. Genteng sejumlah rumah terlihat diterbangkan angin.

Dari hasil pendataan sementara, rumah yang roboh yakni milik Wiro Samidi (80) dan Ngatiman (45), keduanya warga Dukuh Doplang, Desa Ngaren. Satu unit sepeda motor milik Ngatiman juga ikut tertimpa rumahnya yang roboh. 

Kemudian, rumah warga lainnya yang roboh yakni milik Waji (42), Ngatimin (51), Kalimin (55), dan Marmin (53), keempatnya warga Kalitlawah. Sedangkan yang rusak berat yakni milik Rukinem (60), Pujiyono (32) dan Rusmen yang juga Kadus Kalitlawah. 

Permulaan Penghujan

Kades Ngaren, Budiyono mengungkapkan, disamping rumah roboh, terdapat 50 rmah lainnya rusak sedang dan ringan. Mayoritas kerusakan pada atap yang rusak karena diterjang bencana angin tersebut.

“Warga masih terus bergotong royong membersihkan reruntuhan rumah,” ujarnya, Selasa (12/11).

Sebagian warga juga bergotong royong membenahi atap yang rusak. Warga yang mampu bisa membeli genteng baru, namun yang tidak mampu tetap menggunakan genteng lama. Dibantu tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah, warga juga memotong pohon yang roboh.

“Utamanya, pohon yang roboh menghalangi jalan langsung ditebang agar akses jalan tidak terganggu.”

Pihaknya juga mengingatkan warganya agar tetap waspada. “Pasalnya, ini kan permulaan musim hujan, biasanya disertai angin kencang. Jadi warga harus berharti- hati dan waspada,” imbuhnya.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Boyolali, Bambang Sinungharjo, menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan tim ke lokasi kejadian untuk membantu warga. Sekaligus melakukan pendataan terkait kerugian akibat bencana tersebut. (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here