Saluran IPAL PDAM Mojo Bermasalah, Wakil Ketua DPRD Solo Soroti Tinja Masuk Halaman Warga

ipal-mojo1
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com – Tak berfungsi maksimalnya saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Kampung Kampung Mojo RT 03 dan RW 04 /RW 07, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon dikeluhkan wakil rakyat Solo. Pasalnya, IPAL yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Toyo Wening Solo yang mengalami kebocoran.Kebocoran ini menyebabkan  tinja naik ke atas dan masuk ke rumah warga. 

“Kami menerima laporan dari warga saat kegiatan reses mengeluhkan adanya IPAL Komunal di Kampung Mojo yang tidak berfungsi baik,” ujar Wakil Ketua DPRD Solo, Taufiqurrahman saat menggelar sidak, Selasa (12/11). 

Baca : Ikan Jenis Nilai Terapung di Bendung Karet Tirtonadi

Dan ternyata setelah meninjau langsung di lapangan kondisi IPAL Komunal di Kampung Mojo ternyata benar tidak berfungsi baik. 

ipal-mojo2
FOTO ILUSTRASI

“IPAL Komunal harusnya mengalir ke timur, tetapi ini malah ke barat. Hal itu dipengaruhi akibat struktur tanah di bagian timur lebih tinggi dibandingkan sisi barat,” kata dia. 

Ia mengungkapkan IPAL Komunal merupakan solusi bagi pemukiman padat penduduk yang tidak punya septic tank dialirkan ke dalam ini. Akibat IPAL Komunal bermasalah setiap turun hujan air bercampur tinja naik ke atas dan masuk ke halaman rumah warga. 

“IPAL Komunal dibangun 2013. Warga sudah selama tujuh tahun ini menghirup bau tinja. Kami berharap PDAM bisa segera menangani persoalan ini karena dapat menimbulkan penyakit pada warga,” kata dia. (Budi Santoso)

Baca : Faktor Cuaca Ganggu Pekerjaan Masjid Sriwedari

Editor : Sri Hartanto 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here