[HOAX] Rangka Manusia yang luar biasa besar ditemukan di Saudi Arabia

hoax-kerangka-raksasa
FOTO/turnbackhoax.id

KABAR tentang Tim Explorasi Aramco di tenggara padang pasir Arab telah menemukan rangka manusia yang luar biasa besar adalah berita hoax. Sebelumnya disebutkan, di kawasan Gurun Arab tersebut yang disebut kawasan kosong, atau dalam bahasa Arab, ‘Rub-al-Khali’.

Sumber yang terlanjur menyebar di media sosial khususnya pesan whatsapp, disebutkan, Kaum Aad dikenal mempunyai tubuh yang tinggi besar dan sangat kuat, mereka mampu mencabut pohon hanya dgn tangannya. Kemudian dalam sejarah kehidupannya, kaum Aad berpaling menentang Allah dan NabiNYA dan juga sangat melampaui batas. sehingga akhirnya Allah membinasakannya.

Ulama Arab Saudi percaya bahwa penemuan rangka manusia dan tengkorak itu adalah kerangka dan tengkorak dari kaum Aad.

Baca : Rangka Manusia yang luar biasa besar ditemukan di Saudi Arabia

Nah dari penelusuran suaramerdekasolo.com, khususnya dari sumber Tempo.co menunjukkan bahwa kabar penemuan fosil kerangka Goliath ini pertama kali muncul bersamaan dengan berita di situs berita online CNN pada Juli 2016. 

Tempo.co mengatakan, berita CNN hanya menyebutkan adanya penemuan situs pra sejarah berusia sedikitnya 3 ribu tahun, oleh sejumlah arkeologis di Ashkelon, sebelah selatan Israel. Situs itu ditemukan setelah kerja keras para peneliti selama 30 tahun. 

“Berita itu tidak menyebutkan apapun soal ukuran raksasa kerangka itu. Sejumlah foto dan video yang ada dalam berita, menunjukkan sebuah kerangka dengan ukuran tubuh normal manusia rata-rata.” 

Meski begitu, para peneliti memang menduga kerangka yang mereka temukan ada kaitannya  dengan peradaban Philistines, yang diduga terkait dengan Goliath. 

Baca : Heboh ! Dua Kambing Dicuri, Tiga Disembelih di Kandang. Barang Bukti…

Penelusuran redaksi Tempo.co menemukan bahwa foto-foto lain yang juga disebarkan untuk mendukung klaim soal adanya penemuan kerangka manusia raksasa Goliath, sama sekali tidak akurat dan kredibel. 

Satu doto menunjukkan aktivitas penggalian fosil manusia raksasa, setelah ditelusuri, merupakan gambar sampul sebuah buku berjudul The Return of the Giants: After Noah’s Flood. (*)

REFERENSI:
1. http://www.blankexit.com/13-giant-human-skeletons-real-fake/
2. https://www.youtube.com/watch?v=y6t8blQcrFY

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/311546569177885/

Baca :Berita Duka : Ketua IMM Stikes Muhammdiyah Klaten Meninggal Kecelakaan

EDITOR : Budi Sarmun  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here