Siapkan Rekrutment Panwascam, Bawaslu Tegaskan Personil Harus Netral

bawaslu-solo
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com – Bawaslu Solo hari ini memulai tahapan penjaringan calon Panitia pengawas pemilihan Kecamatan (Panwascam) dengan melakukan pengumuman pendaftaran pada hari ini. Target netralitas personil menjadi target utama dalam mencari kader terbaik dari masyarakat untuk menjadi pengawas di tingkat kecamatan ini.

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono ditemui di kantor Bawaslu Solo Jalan Panembahan Nomer 2 Penumping Solo, menyebutkan pada hari ini Bawaslu Solo melakukan pengumuman rekruitment panwascam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 melalui berbagai media.

Baca : Disediakan Anggaran Rp 7 M, Bawaslu Solo Siap Awasi Pilwakot Solo 2020

Baca : Sukses Awasi Pemilu, Tak Dinyana Bawaslu Solo 5 Kali Berpindah Kantor

“Jadi hari ini merupakan awal dilakukannya penempelan pengumuman, mulai dari papan pengumuman di Kantor Bawaslu Solo, Kantor kecamatan hingga tempat umum lainnya. Selain itu di laman web kami juga sudah kami lakukan pengumuman,”terang Budi Wahyono.

Ia berharap masyarakat yang peduli pada keberlangsungan pemilihan kepala daerah, bisa ikut berpartisipasi dengan mendaftar sebagai pengawas di tingkat kecamatan ini.

Bawaslu Solo mengajak para ‘Sahabat Bawaslu’ dan masyarakat yang memiliki kompetensi untuk dapat mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi tersebut.

Pihaknya mencatat Kota Solo nantinya akan membutuhkan sebanyak 15 personil panwascam. Hal ini sesuai dengan jumlah personil panwascam 3 orang di 5 kecamatan di wilayah Kota Solo.

“Saat pengumuman kita laksanakan, masyarakat yang berminat bisa melakukan berbagai persiapan sebagai syarat pendafataran. Diantaranya seperti ijasah terakhir yang dilegalisir, pas foto 4×6, foto copy Ktp elektronik, dan persyaratan lain yang bisa diunduh dari laman web bawaslu,maupun langsung dating di kantor bawaslu”terang Budi Wahyono.

Posisi Netral

Baca : Bawaslu Surakarta Ajak Masyarakat Solo Jadi Pengawas Pilkada

Baca : Honor Pengawas Terbanyak Kuras Angaran Bawaslu Solo

Bawaslu Solo juga menekankan agar personil panwascam merupakan personil yang netral yakni bukan anggota Partai Politik(Parpol) manapun. Hal ini merupakan persyaratan wajib yang  diwujudkan dalam surat keterangan tertulis dalam berkas pendaftaran.

“Pengumuman ini akan kami laksanakan mulai hari ini sampai 26 Nopember mendatang, sementara pendaftaran akan mulai kami layani pada 27 Nopember hingga 3 Desember 2019 dari jam 08.00 sampai 16.00 wib. Kami akan lakukan seleksi administrasi hingga kecakapan dari para pendaftar calon panwascam sesuai tahapan,”pungkas Budi Wahyono. (*)

Baca : Bawaslu Karanganyar Luncurkan Desa Pengawasan dan Antipolitik Uang

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here