BRI Gelar Pelatihan Bagi 100 UMKM Klaten

pelatihan-umkm-bri-klaten
PELATIHAN UMKM : Pemimpin Cabang BRI Klaten Nirwanus Halfi Andra didampingi Manajer Pemasaran Mikro Yunaidi Firhansyah menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala Disdagkop UMKM Bambang Sigit pada pelatihan UMKM.(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 100 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Klaten mengikuti pelatihan Adnimistrasi dan Manajemen Keuangan, Entrepreneurship, akses pemodalan dan e-Commerce yang diselenggarakan BRI Cabang Klaten di Hotel Grand Tjokro, Kamis (14/11).

“Di era digital seperti sekarang ini, yang ingin berkembang harus meningkatkan kapabilitas agar semakin berkembang. Program pelatihan ini diikuti pelaku UMKM, termasuk UMKM klaster unggulan daerah dan BUMDes,” kata Manajer Pemasaran Mikro BRI Klaten Yunaidi Firhansyah di sela-sela kegiatan.

Baca : BRI Cabang Klaten Serahkan 46 Hadiah Simpedes

Baca : BRI Gelar Pasar Ramadhan Simpedes

Kegiatan bertujuan meningkatkan kapabilitas UMKM untuk go modern, go digital, go online dan go global. Hal itu menunjukkan komitmen BRI untuk menjadi penggerak ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM di berbagai bidang usaha. 

Pemimpin Cabang BRI Klaten Nirwanus Halfi Andra mengatakan, PT BRI (Persero) Tbk menggelar pelatihan 10.000 UMKM di 100 lokasi di Indonesia, termasuk di Klaten. Di kanwil Yogyakarta, pelatihan digelar di 8 lokasi dengan 800 peserta.

Program CSR BRI Peduli itu digelar dalam rangka HUT BRI ke-124, 16 Desember 2019. Selain itu, ada perbaikan 200 rumah tidak layak huni, program padat karya di 50 lokasi serta konservasi kawasan sungai di 19 wilayah.

Baca : 10 tahun, BRI jadi Bank dengan Laba Tertinggi

Baca : Sri Sainingsih Raih Mobil Simpedes

Pelatihan menghadirkan pemateri Dekan FE Unwidha Dr Sutrino Bakri MM dengan materi “Manajemen Keuangan dan Administrasi Keuangan”, materi e-commerce dari Tokopedia. Ada materi enterpreanurship dan succes story dari Kopi Kreatif dan Bumdes Desa Ponggok, serta materi Akses Permodalan Bank BRI oleh Manajer Pemasaran Mikro BRI Klaten Yunaidi Firhansyah.

“Berbagai program CSR BRI Peduli menunjukkan komitmen BRI menjalankan peran sebagai agent of development sehingga kehadirannya memberikan kontribusi lebih besar pada ekonomi kerakyatan selaras antara kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup,” tegas Nirwanus Halfi Andra.

UMKM Dipermudah

Kepala Disdagkop UMKM, Bambang Sigit Sinugroho sangat mendukung kegiatan itu. Di Klaten ada 50.000 UMKM yang terbagi dalam 11 klaster. Dia berharap akses permodalan UMKM dipermudah dan setiap produk dicantumkan label “Aku Cinta Produk Klaten” sesuai SK Bupati Klaten. Pemkab juga akan mempermudah perizinan. 

Baca : KUR Permudah UMKM Akses Modal Perbankan

Para peserta mengikuti pelatihan dengan antusias hingga berakhir pukul 16.30 WIB. Banyak bertanyaaan diajukan pada sesi diskusi. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada 100 peserta UMKM yang mengikuti pelatihan.

“Untuk menyemarakan HUT BRI ke-124, juga diadakan berbagai lomba olahraga antara lain badminton, volly, futsal, dance, basketball, tenis meja dan band yang dikemasÿdengan Nama Sportartcular 2019 di Kanwil Yogyakarta. Acara diikuti semua Cabang BRI Yogyakrta, anak perusaahan dan coorporate university serta audit intern,” ujar Yunaidi Firhansyah.(Merawati Sunantri)

Baca : Sri Sainingsih Raih Mobil Simpedes

Editor : Budi Sarmun 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here