Pohon Raksasa Keliling Batang Empat Meter DI Gebangharjo Pracimantoro Ditebang

pohon-besar-pracimantoro
POHON RAKSASA : Tim BPBD Kabupaten Wonogiri memperlihatkan pohon berukuran raksasa yang baru saja mereka tebang di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (13/11). (suaramerdekasolo.com/Dok)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri menebang sebuah pohon raksasa di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Rabu (13/11). Pohon itu ditebang karena sudah mati dan sebagian batangnya telah lapuk, sehingga rawan tumbang dan membahayakan warga.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengungkapkan, keliling batang pohon jenis gadog tersebut hampir mencapai empat meter. Adapun tingginya sekitar 25 meter. “Pohonnya sudah mati dan ada yang lapuk. Mengingat ukurannya yang besar, lapuk dan rawan tumbang, kami melakukan penebangan,” katanya, Kamis (14/11).

Menurutnya, pohon yang mati dan lapuk itu bisa membahayakan warga dan tiga unit rumah di sekitarnya. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim hujan dan banyak terjadi angin kencang.
 
 
Baca :[HOAX] Rangka Manusia yang luar biasa besar ditemukan di Saudi Arabia


Proses penebangan pohon itu dibantu oleh aparat desa, aparat kecamatan, TNI, Polri, relawan tangguh bencana dan masyarakat. “Kami memotong pohon dengan memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan,” terangnya.

Proses penebangan pohon memakan waktu sekitar 1,5 jam. Mereka menggunakan gergaji mesin dan pasak untuk menumbangkan pohon. “Alhamdulillah penebangan pohon berlangsung aman dan lancar,” ujarnya.
 
 
Baca : Peran Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, ISI dan TBS Besarkan Wayang Beber

Sementara itu, pihaknya telah menerima informasi perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas II Ahmad Yani Semarang. Perkiraan cuaca itu berlaku hingga tanggal 14 November pukul 19.00.

Cuaca di Kabupaten Wonogiri didominasi hujan ringan dan sedang. Angin bertiup dari arah timur laut dan tenggara dengan kecepatan berkisar 10-25 kilometer per jam. Adapun suhu udara sekitar 26-33 derajat celcius. (Khalid Yogi
 
 
Editor : Budi Sarmun 
 
 
 
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here