SMK 2 Sragen-Kawasaki Jalin Kerjasama KGTS

TINJAU FASILITAS: Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI bersama Kepala SMK 2 Sragen dan perwakilan dari Kawasaki meninjau fasilitas yang ada dalam program KGTS di sekolahan tersebut, Kamis (14/11).(suaramerdekasolo.com/basuni Hariwoto)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – SMK 2 Sragen mendapat kepercayaan menjalin kerjasama dengan pabrikan otomotif Kawasaki, dalam program Kawasaki Goes To School (KGTS). 

Penandatanganan kerjasama itu dilakukan antara Kepala SMK 2 Sragen Sugiyarso dengan M Antudrikal Qomar selaku Deputy Head After Sales Service Department PT Kawasaki Motors Indonesia, pada Kamis (14/11). Penandatanganan kerjasama itu juga disaksikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Eris Yunianto mewakili Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah.

Dalam kerjasama KGTS itu, KGTS memberikan bantuan pinjaman sepeda motor Kawasaki ER250, mesin, peralatan dan suku cadang, yang dipergunakan bagi pelatihan para murid SMK 2 Sragen. Sementara SMK 2 Sragen wajib menyiapkan ruangan khusus untuk dijadikan kelas bengkel khusus Kawasaki, yang akan dipergunakan sebagai tempat pelaksanaan pelatihan KGTS sesuai dengan standar yang diberikan Kawasaki.

Baca : Sragen Miliki Lapangan Tembak Berstandar Lomba

Antudrikal dari Kawasaki mengatakan, SMK 2 Sragen menjadi tempat KGTS karena mendapat rekomendasi dari PT KMI, kalau SMK 2 Sragen adalah SMK terbaik di Sragen. Selain itu Kawasaki juga memiliki dealer yang lokasinya dekat dengan SMK 2 Sragen, sehingga akan bisa lebih gampang dalam pengawasannya. 

“SMK 2 Sragen adalah SMK kesepuluh yang mendapat kepercayaan program KGTS, yang saat ini masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Bali,” tutur Antudrikal.

SMK lain yang mendapat program KGTS antara lain ada di Bandung, Cilacap, Gresik, Pekalongan, Jakarta, Surabaya, Cilacap dan Gianyar Bali. Dalam program ini Kawasaki membekali para siswa dengan skill atau kemampuan sehingga mampu bersaing dalam dunia industri. Lalu untuk tahun depan, pihaknya memiliki rencana para siswanya sudah dilatih itu untuk ditandemkan atau diterjunkan, baik di dealer yang ada atau di PT KMI.

smk-2-sragen-kawasaki

Baca : Ratusan Siswa Ikuti Tes Rekrutmen PT Suzuki

Sementara Eris Yunianto menyambut baik kerjasama antara Kawasaki dengan SMK 2 Sragen. Secara prinsip, adalah hal yang utama bagi SMK untuk menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan. Apalagi untuk sebuah SMK, karena kerjasama itu akan saling memperkuat dan menguntungkan. Di satu sisi sekolah mendapatkan dukungan peralatan, fisik, teknis dan kepercayaan dan di sisi lain perusahaan mendapatkan keuntungan dengan adanya lulusan SMK yang sudah menguasai kemampuan yang diinginkan.

“Kerjasama antara SMK 2 Sragen dan Kawasaki di program KGTS ini adalah simbiosis mutualisma, kerjasama saling menguntungkan,” tutur Eris. (Basuni Hariwoto) 

Baca : Wakil Rakyat Diminta Ikut Awasi KIP

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here