SMKN 1 Nogosari Boyoalali Antusias Latihan Mitigasi Bencana  

mitigasi-bencana-smkn-1-nogosari1

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – SMKN 1 Nogosari, Boyolali, mulai dari siswa Klas X 177 siswa, kelas XII (106 siswa) dan kelas XI PKL, guru dan staf antusias mengikuti kegiatan mitigasi bencana atau artinya mengurangi/ meniadakan resiko dan dampak bencana, Jumat (15/11). Kegiatan yang digelar di kompleks sekolah setempat ini juga melibatkan berbagai komponen mulai dari PMI Cabang Boyolali, anggota Koramil 13 Nogosari, dan Puskesmas Nogosari.

Baca :  Lima Desa Wonogiri Bentuk Relawan Tanggap Bencana

Baca : BPBD Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Kantor RRI Solo Diguncang Gempa

Kepala SMKN 1 Nogosari Endang Purwanti H  Pd M Pd kepada suaramerdekasolo.com mengatakan, tujuan dari simulasi ini sebagai salah satu wujud kegiatan pendidikan karakter yang bertujuan untuk mengantisipasi gempa (bencana alam) apabila terjadi di SMK negeri 1 Nogosari.

“Simulasi ini sebagai pembelajaran yang pernah terjadi menimpa di SMK N1 Nogosari. Mengenalkan pada siswa tanggap darurat terhadap bencana,” terang Endang. 

Para pemateri secara bergantian memberikan teori dan praktik mitigasi penanganan sesuai dengan standar operasional (SOP). Di antaranya adalah mengurangi kebingungan dan memastikan kesiapan tanggap darurat sesuai SOP.

Baca : Bupati Minta Dana Desa Dianggarkan Untuk Tanggap Bencana

mitigasi-bencana-smkn-1-nogosari3 

Sementara itu Wakil Kepala SMKN 1 Nogosari Sapra Robani SPd menambahkan, tujuan simulasi adalah mMengoptimalkan penggunaan fasilitas sarana prasarana  untuk penanganan bencana sesua SOP.

 “Selain itu memberikan pembelajaran Mitigasi kepada seluruh warga SMKN 1 Nogosari untuk mengurangi atau meniadakan resiko terburuk akibat dari bencana,” imbuhnya. (Budi Santoso) 

Baca : Klaten Contoh Kolaborasi Pentahelix Mitigasi Banjir

Editor : Sri Hartanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here