Seisi Rumah dan 5 Kambing Hangus, Gara-Gara Sibuk Menerima Telpon

kebakaran-rumah-pedan-klaten
RUMAH LUDES : Rumah Prapto di Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan, Klaten, Sabtu (16/11) sore ludes terbakar. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)



KLATEN,suaramerdekasolo.com – Seisi rumah milik Prapto Mulyono (75) warga Dusun Wonorejo, Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten hangus terbakar. Termasuk lima ekor kambing di kandang yang menjadi satu dengan rumah.

Kepala Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan, Marwan Tujiharto, Sabtu (16/12) mengatakan kebakaran rumah warganya itu bermula saat korban sekitar pukul 13.30 memasak air di dapur rumah dengan bahan bakar kayu.’

“Saat memasang air itulah ada telepon dari adiknya melalui anaknya yang tinggal di sebelah rumah,” jelasnya, Sabtu (16/11) sore.

Mendapati pemberitahuan ada telepon dari adiknya di luar Jawa yang sedang sakit keras, Prapto bergegas ke rumah anaknya. Tidak sadar jika sedang memasak air, korban pergi ke rumah anaknya. Korban bercakap-cakap melalui ponsel sekitar 10 menit.

Namun saat ditinggal mengobrol itulah api muncul dari dapur rumah. Korban dan warga sekitar yang mengetahui kejadian itu berlarian mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Sebagian warga melaporkan kebakaran itu ke markas pemadam kebakaran.

Semi Permanen

Dua unit mobil pemadam datang tetapi sebagian besar rumah dan isinya sudah habis. Termasuk sepeda onthel dan lima ekor kambing.

Menurut Marwan, rumah warganya itu merupakan rumah semi permanan. Sebagian masih terbuat dari bahan anyaman bambu sehingga memungkinkan api cepat menyebar.

” Kejadian sudah saya laporkan ke Pemkab Klaten. Untuk sementara korban tinggal bersama anaknya yang tidak jauh dari lokasi rumah yang terbakar,” tambah Kades.

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui  Kapolsek Pedan AKP Mujiana menjelaskan dari penyelidikan di lokasi api diduga berasal dari tungku berbahan kayu yang ditinggal pergi. Korban pergi ke rumah anaknya yang tak jauh dari lokasi. Korban mendapatkan panggilan telepon lalu ke rumah anaknya di sebelah. Api tungku diduga menyahut anyaman bambu dinding rumah.

” Selain rumah ada lima ekor kambing ikut terbakar,” katanya. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here