Dandim Womogiri : Motivasi Kesadaran Bela Negara Diperkuat

0
apel-pembinaan-teritorial
kode file foto : 24kbela.wng.jpgMENANAM POHON : Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M Heri Amrulloh menanam pohon usai menggelar apel Pembinaan Teritorial di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Sabtu (23/11). (suaramerdekasolo.comDok)

WONOGIRIsuaramerdekasolo.com – Kodim 0728/Wonogiri menggelar apel Pembinaan Teritorial Terpadu di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Sabtu (23/11). Kegiatan itu untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan mempererat komunikasi sosial dalam menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M Heri Amrulloh mengatakan, pembinaan teritorial di Kecamatan Wonogiri itu bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Tujuannya untuk memberdayakan wilayah ketahanan, memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh,” katanya.

Menurutnya, motivasi kesadaran bela negara pada generasi muda, anak sekolah, dan masyarakat perlu diperkuat. Caranya dengan mempererat hubungan komunikasi sosial masyarakat dalam menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Kegiatan itu diisi dengan aksi penanaman pohon penghijauan. Kodim 0728/Wonogiri juga menjalin komunikasi sosial dengan mengundang Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI (Pepabri), Forum Komunikasi Putra- Putri Purnawirawan TNI/PoIri Indonesia (FKPPI), Ormas, dan pelajar Wonogiri. “Kami ingin agar mereka dapat mencintai tanah air dan merawat kebhinekaan serta menjadi generasi penerus bangsa,” harapnya.

Di sisi lain, Kodim 0728/Wonogiri kini juga menggelar Pendidikan Dasar Ketarunaan kepada 138 murid kelas X SMK 2 Wonogiri. Pendidikan Dasar Ketarunaan itu untuk membentuk karakter dengan menerapkan prinsip-prinsip militer.

Adapun instruktur Pendidikan Dasar Ketarunaan tersebut antara lain Serma Gatot Haryanto, Sertu Sahid, Serda Agus, dan Serda Wisnu. Mereka memberi materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), pembentukan sikap, mental dan kepribadian. Pelatihan juga didampingi enam guru SMK 2 Wonogiri. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan