Peringatan Hari Guru Nasional, Cium Tangan Hingga Buat Kartu Ucapan

0
sdit-nur-hidayah
Siswa SDIT Nur Hidayah menyerahkan ucapan selamat hari guru kepada guru mereka di sekolah setempat.(suaramerdekasolo.com/Evie K)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) digekar di berbagai sekolah di Kota Bengawan, Senin (25/11). Tiap sekolah memiliki cara unik untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 tersebut.

Di SDN Joglo 76, para siswa sungkem kepada seluruh guru usai upacara. Secara bergiliran, mereka mencium tangan para guru yang telah dengan sabar mendidiknya selama ini. Beberapa di antaranya bahkan memberi hadiah kepada guru kelasnya.

Sementara di SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK), upacara peringatan HGN digelar istimewa. Dimana seluruh petugas upacara yang biasanya siswa kali ini dilakukan guru..
Humas SMP Muh PK Aryanto menjelaskan bahwa upacara kali ini dibuat berbeda sebab para guru ingin memberikan contoh langsung di hadapan ratusan siswa.

“Semangat ing ngarso sung tuladha, ing madyo mangun karso, dan tut wuri handayani ingin kami tunjukkan salah satunya memberikan contoh menjadi petugas upacara bendera. Ada guru yang menjadi pengibar bendera, pemimpin upacara, dan sebagainya,” tutur Aryanto.

Ia menambahkan bahwa tugas guru sekarang ini tidaklah mudah. Hal ini karena para guru di era milenial sekarang ini harus mampu mendidik karakter siswa di mana perkembangan teknologi kian gencar masuk dalam kehidupan para siswa.

Apalagi para siswa yang juga termasuk generasi milenial. Maka dari itu, para guru harus mampu mengantisipasi dampak negatif dari kemajuan teknologi tersebut dan mampu meningkatkan kompetensi dalam memaksimalkan teknologi dalam pembelajaran.

Sejalan dengan hal tersebut, kepala sekolah SMP Muhammadiyah PK Solo, Muhdiyatmoko, juga menyampaikan pesan kepada para guru untuk lebih meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. (Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan