Menaker Targetkan 2.000 BLK Komunitas Pada 2020

menaker-blki
FOTO DIRI : Menaker Ida Fauziyah. (suaramerdekasolo.com/Ari Purnomo Apl)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Menaker Ida Fauziyah menargetkan pendirian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas sebanyak 2.000 tempat pada 2020 mendatang. Keberadaan BLK Komunitas ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong peningkatan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. 

Di tahun 2019 ini, Ida menyampaikan, ada lebih kurang 1.125 BLK komunitas. Keberadaan BLK tersebut menurutnya masih sangat kurang untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat pada masa usia produktif. 

Baca : Perdana Pada Era Menteri Edy Prabowo, KKP Lepas 20.151 Ton Komoditi Perikanan Senilai USD 137,6 juta

“Di tahun 2020 mendatang, kita akan membangun 2.000 BLK komunitas di seluruh Indonesia. Sehingga, totalnya menjadi 3.125 BLK komunitas, apakah ini cukup? Tentu tidak,” urainya usai meresmikan BLK Komunitas Ponpes Daarul Quran, di Colomadu, Karanganyar, Jateng, Selasa (26/11). 

Ida menuturkan, keberadaan BLK Komunitas tidak hanya agama Islam saja. Tetapi, juga agama yang lainnya misalkan, Kristen, Katholik dan juga agama yang lainnya. 

“Kalau itu agama Islam nanti komunitas agama yang lain juga sama, karena santri itu kan kuat pada pelajaran ilmu agama. Maka diimbangi dengan kompetensi melalui BLK komunitas ini,” ucapnya. 

Baca : UMKM Keluhkan Bunga Bank Tinggi

Keberadaan BLK ini menurut Ida salah satunya untuk mempersiapkan kompetensi SDM dalam menghadapi bonus demografi yang akan terjadi pada 2025-2030 mendatang. Bonus demografi itu menjadi kesempatan yang cukup bagus untuk mendorong negara Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lainnya. 

“Bonus demografi dimana usia penduduk 70 persennya adalah usia produktif. Ini menjadi bonus yang bisa memberikan dampak yang luas jika kita mampu memanfaatkannya,” pungkasnya. (Ari Purnomo Apl)

Baca : Hyundai Akan Tanamkan Investasi USD1,5 Miliar di Indonesia

Editor : Budi Sarmun 

 

 
 
 
 
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here