Besok Di CFD Solo, Bawaslu Sosialisasikan Anti-money Politic Lewat Media Kartun

pakarso-bawaslu-solo
FOTO ILUSTRASI

 

SOLO,suaramerdekasolo.com – Seakan tak ada habisnya cara yang dilakukan Bawaslu Solo dalam melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif.

Setelah sukses menggandeng blogger millenial, kali ini menggandeng komunitas kartun, yaitu Paguyuban Kartunis Solo (Pakarso).

Sosialisasi pengawasan partisipatif berisi tentang pesan-pesan pemilu anti politik uang, anti hoax dan kecurangan serta politisasi sara digelar di Car Free Day (CFD) pada hari Minggu, 1 Desember 2019 dirangkai dg kegiatan pameran kartun pemilu bersih, lomba selfie bersama maskot bawaslu, pesan moral pilkada, dan tdk ketinggalan dihibur dg joget bareng badut mampang.

Menurut Ketua Bawsslu Solo Budi Wahyono, saat ditemui disela-sela acara mengatakan bahwa kita akan merangkul beragam elemen masyarakat dan komunitas peduli pemilu sebagai mitra atau partner strategis dalam mengkampanyekan pilkada bersih dan bermartabat, anti hoax, anti politisasi sara dan money politik.

Kegiatan ini beŕtujuan untuk lebih menumbuhkan kesadaran masyarakat agar dapat berperan aktif sebagai pngawas partisipatif dalam setiap tahapan pemilu maupun diluar tahapan pemilu.

Penyampaian pesan melalui media kartun ini dipandang lebih efektif karena pesan yang tersampaikan melalui gambar kartun akan lebih mudah ditangkap oleh publik, dengan *fine, fun and fresh* ujar Agus Sulistyo, salah satu anggota Bawaslu Solo.

Ketua Pakarso, Jajak saat ditemui di CFD mengatakan “kami menyambut baik atas dilibatkannya Pakarso dalam sosialisasi Bawaslu ini. Inilah cara kami, semoga masyarakat dapat menagkap makna yang digoreskan melalui kartun karya kami, dslam kegiatan yang diinisiasi oleh Bawaslu Solo ini pungkasnya mengakhiri wawancara. (*)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here