Anggaran Terbatas, MPP Kabupaten Sragen Hanya Dibangun Dua Lantai

FOTO ILUSTRASI/kumparan

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Dengan pertimbangan karena keterbatasan anggaran, Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen dipastikan hanya dua lantai, dari rencana semula bangunan tiga lantai.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tugiyono menyampaikan, pertimbangan MPP menjadi dua lantai karena terbatasnydimana lantai paling atas bisa untuk disewakan, untuk pertemuan dan sebagainya, tapi karena keterbatasan anggaran maka hanya dua lantai saja,” tutur Tugiyono tatkala ditemui pekan lalu.

Pada bulan Januari mendatang, proses pembangunan MPP sudah memasuki masa lelang dan lama pekerjaan bangunan sekitar enam hingga tujuh bulan dan pada akhir Desember 2020 diharapkan sudah bisa diluncurkan.

“Nanti pada APBD 2020 Perubahan anggaran untuk MPP akan ditambah, “ katanya.

Mantan Kepala Badan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) ini mengungkapkan, nantinya akan ada sekitar 50 organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi lain yang akan membuka pelayanan di MPP.

“Selain OPD yang ada di lingkungan Pemkab Sragen, instansi vertikal yang ada di Sragen juga sudah berkomitmen membuka pelayanan di MPP,” tandasnya. Juga perusahaan swasta dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Instansi vertikal itu antara lain Polres Sragen, Kementerian Agama (Kemenag), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kantor Imigrasi, Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) atau Samsat Sragen, Kantor Pajak.

Untuk Polres Sragen, misalnya ada berbagai macam pelayanan yang bisa dilayani di MPP, seperti Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK), perpanjangan SIM dan lainnya.

“Untuk Kantor Imigrasi, warga Sragen bisa mengurus paspor di MPP,” katanya.

MPP diyakini tidak akan sepi karena meski saat ini ada layanan online dari berbagai instansi, tapi masih ada pelayanan publik yang mengharuskan pemohon datang. Misalnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), juga di UPPD atau Samsat Sragen, serta layanan SIM dan STNK.

 

Tinggalkan Pesan