Praktisi Hukum : Pelaku Pencemaran Bisa Dipidana, Polisi Tak Perlu Tunggu Laporan

praktisi-hukum-pt-rum
FOTO DIRI : Surisman, praktisi hukum yang juga warga Dusun Bendungan, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri. (suaramerdekasolo.xom/Khalid Yogi)

 

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Bau menyengat hingga kini masih dirasakan sebagian warga Kecamatan Selogiri dan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Padahal, pertemuan antara PT Rayon Utama Makmur (RUM), tokoh masyarakat, dan Pemkab Wonogiri sudah dua kali dilakukan.

Pada Sabtu malam (30/11), bau menyengat begitu terasa hingga sebagian wilayah Wonogiri kota. Alhasil, media-media sosial dipenuhi keluhan warga Wonogiri akibat pencemaran udara tersebut.

Surisman, praktisi hukum yang juga warga Dusun Bendungan, Desa Jendi, Kecamatan Selogiri menerangkan, dalam UU no 32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menyatakan, setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia.

“Kalau udaranya sudah tercemar, berarti sudah tidak sehat,” katanya, Minggu (1/12).

Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Ponorogo itu melanjutkan, dalam UU no 32/2009 pasal 69, setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup.

Adapun sanksi terhadap pelaku pencemaran tertuang pada pasal 98 dan 99. Setiap orang yang sengaja mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien atau kriteria baku kerusakan lingkungan hidup dapat dipidana dengan penjara minimal tiga tahun, maksimal 10 tahun dan denda minimal Rp 3 miliar, maksimal 10 miliar. “Kalau sampai mengakibatkan orang luka atau membahayakan kesehatan, sanksinya lebih berat. Penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun,” ujarnya.

Adapun orang yang karena kelalaiannya mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien atau kriteria baku kerusakan lingkungan hidup, dipidana dengan penjara minimal satu tahun, maksimal tiga tahun dan denda minimal Rp 1 miliar, maksimal Rp 3 miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here