Klaten Menghafal, Klaten bersinar dengan Alquran

masjid-al-aqsha-klaten1
MUNAQOSAH TAHFIDZ : Ribuan santri mengikuti Munaqosah Tahfidz di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Minggu (1/12).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

*Ribuan Santri Ikuti Munaqosah Tahfidz

KLATEN,suaramerdeksolo.com – Guru Ngaji Berdaya bekerja sama dengan Masjid Agung Al Aqsha Klaten mengadakan Ujian Munaqosah Juz 30 dan 29. Total ada 7250 santri yang hadir dalam kegiatan itu menggemakan aya-ayat suci Alquran untuk mengharap keberkahan bagi Kota Klaten.
Sejak pukul 06.00 WIB, ribuan santri sudah memadati Masjid Agung Al Aqsha di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Minggu (1/12). Kegiatan pun dibuka secara resmi oleh Ketua Panitia Kholis Tri Harpito dan dilanjutkan doa oleh Ustad Syamil dari Isy Karima dan para penguji Klaten Menghafal#3.
Setelah itu, para santri segera mulai menghafalkan ayat-ayat suci dan disimak oleh tim penguji. Lantunan ayat suci secara bersamaan terdengat indah dan menggema di setiap sudut Masjid Al Aqsha yang merupakan salah satu ikon Kota Bersinar.
‘’Pada Ahad, 1 Des 2019 digelar gelombang 1 ujian Munaqosah di Masjid Agung Al Aqsha Klaten dengan dihadiri 3800 santri. Ujian Munaqosah atau seleksi ini diadakan 2 gelombang yaitu 1 Desember dan 8 Desember 2019 dengan total peserta 7250 santri’’ kata Kholis Tri Harpito.

masjid-al-aqsha-klaten2

Para peserta terdiri atas berbagai kelompok umur, ada yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar, SMP dan SMA sederajat. Acara tersebut merupakan event spesial akhir tahun yang diselenggarakan secara rutin.
Ajang tersebut bertujuan memberikan motivasi dan juga apresiasi kepada anak-anak bangsa penghafal Alquran di kota Klaten. Mereka tampak bersemangat untuk menutup akhir tahun 2019 dengan kegiatan menghafalkan Alquran yang merupakan pedoman bagi setiap muslim.
‘’Para Muhafiz atau penguji dalam kegiatan ini diambil dari beberapa Pondok Tahfidz yang ada di Klaten. Mereka sudah teruji dan ahli di bidangnya. Total ada 200 penguji yang mendukung Munaqosah Tanfidz kali ini,’’ ujar Kholis Tri Harpito.
Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan beberapa stand sponsor yang dibuka di luar masjid. Terlihat sejumlah stan yang menyajikan berbagai produk dari sponsor resmi acara tersebut, mulai dari stan makanan, kaos sampai stan foto booth wisuda akbar.
‘’Semoga Allah memberikan hasil terbaik bagi santriwan, santriwati dan seluruh peserta ujian Munaqosah Tahfidz Juz 30 dan 29 yang sudah mengikuti seleksi. Jazaakumullaahu khoiron kepada segenap panitia, relawan dan semua yang terlibat, mendukung dan mensukseskan acara,’’ tegas Kholis Tri Harpito.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here