Demi Pegang Bukti nikah, 15 Pasangan Dari Boyolali Ikuti Sidang Isbat Perkawinan

sidang-isbat-perkawinan-boyolali
TANDA TANGAN: Salah satu pasangan menandatangani hasil sidang isbat perkawinan yang digelar Pemkab Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

*Rangkaian HUT Korpri

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 15 pasangan mengikuti sidang isbat perkawinan, Selasa (3/12). Kegiatan digelar di Gedung Setda Boyolali dipimpin langsung Kepala Pengadilan Agama Boyolali, Asep Moh Ali Nurdin.

Ditemui wartawan usai sidang isbat, Kabag Hukum Setda Boyolali, Agnes Sri Sukartiningsih menjelaskan, kelima belas pasangan yang mengikuti sidang isbat tersebut berasal dari seluruh wilayah Boyolali.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT KORPRI 2019 tingkat Kabupaten Boyolali,” katanya.

Adapun usia pasangan yang mengikuti sidang isbat tersebut bervariasi. Paling muda berusia 20 tahun dan paling tua usia 52 tahun. Bahkan, ada pula pasangan sudah memiliki beberapa cucu dan tetap mengikuti acara hingga usai.

Dijelaskan, syarat untuk mengikuti sidang isbat adalah, pasangan tersebut sudah menikah secara resmi. Hanya saja, mereka tidak memiliki bukti tertulis atau buku nikah. Pasangan tersebut juga berasal dari keluarga tidak mampu.

“Pasangan yang mengikuti sidang isbat sudah melalui pengecekan menyeluruh dari Pengadilan Agama.”

Salah satu warga Desa Ngadirojo; Kecamatan Gladagsari, Simin mengaku sangat terbantu dengan adanya sidang itsbat pernikahan terpadu. Ayah dari tiga orang anak ini sekarang lega karena telah memiliki dokumen keluarga yang sah bersama istrinya, Wasiyem.

“Sangat bagus. Sekarang jika mencari sesuatu atau urusan administrasi desa bisa lancar,” ujarnya.

Pasangan lain, Wandi dan Warti asal Dukuh Belang, Desa Tlogolele mengaku senang bisa mengikuti sidang isbat tersebut. “Ya, senang karena pernikahan kami kini diakui oleh negara. Kami memang sudah menikah sesuai agama, namun belum memiliki bukti otentik atau buku nikah.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here