Kuota Terpenuhi, Bawaslu Solo Tak Perpanjang Waktu Pendaftaran Panwascam

bawaslu-solo
FOTO ILUSTRASI

SOLO,suaramerdekasolo.com – Badan Pengawas Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Solo tiakan memperpanjang masa pendaftaran bagi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang telah dibuka sejak tanggal 27 Nopember lalu.

Hari terakhir pendaftaran calon Panwascam di Kota Solo telah memenuhi kuota atau batas ketentuan pendaftaran calon yakni dua kali kebutuhan jumlah pengawas di tingkat kecamatan.

Ketua Bawaslu Solo Budi Wahyono dalam rikis yang diterima suaramerdekasolo.com, Selasa (3/12) menyebutkan hingga menjelang akhir waktu pendaftaran,yakni pukul 15.00 WIB ini Bawaslu telah menerima jumlah pendaftar mencapai 65 orang.

Dari jumlah tersebut 44 orang diantaranya laki-laki dan 21 lainnya dari kalangan perempuan.

“Kuota minimal bagi pendaftar calon panwascam di tiap kecamatan sebanyak 6 orang, sementara perkecamatan sudah terlampaui. Kehingga tidak lagi memerlukan penambahan waktu pendaftaran,”terang Budi Wahyono ditemui di Kantor Bawaslu Solo Jalan Panembahan nomer 2 Penumping Solo.

Dalam tahapannya Bawaslu Solo akan menindaklanjuti berkas yang telah masuk dengan penelitian secara seksama oleh Kelompok Kerja yang telah dibentuk Bawaslu. Pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilaksanakan pada 12 Desember mendatang.

Pasca penelitian administrasi pihaknya akan mengumumkan nama-nama yang lolos penelitian admnsitrasi secara terbuka. Ia juga meminta adanya tanggapan aktif masyarakat terhadap para pendaftar yang bias dikirimkan ke Kantor Bawaslu Solo.

“Mereka yang lolos penelitian administrasi akan mengikuti tes tertulis dan wawancara pada tanggal 13 – 17 Desember ini. Jadi para peserta silakan melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk menghadapi seleksi tertulis ini,”ucap Budi Wahyono.

Bawaslu Solo mentargetkan mendapatkan pengawas yang berintegritas dalam semua tingkatan terutama di satu tingkat dibawah Bawaslu Kota yakni Panwas Kecamatan.

“Kami mentargetkan pengawas pemilihan ini merupakan kader masyarakat terbaik dan netral. Artinya tidak merupakan simpatisan maupun anggota Partai Politik manapun,”pungkas Budi Wahyono. (*)

Daftar Pendaftar Panwascam Solo 2019
1. Laweyan 20 Pendaftar
2. Banjarsari 19 Pendaftar
3. Jebres 14 pendaftar
4. Serengan 7 pendaftar
5. Pasar Kliwon 6 pendaftar

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here