Maju Perseorangan di Pilbub Sukoharjo, Ini Syaratnya

pilkada-solo-2020-solo-gayeng

Sukoharjo,suaramerdekasolo.com – KPU Sukoharjo menetapkan syarat bagi calon independen atau perseorangan yang akan maju pada Pikada tahun 2020 mendatang. Calon independen wajib mengantongi 50.216 dukungan warga yang tersebar minimal di tujuh kecamatan.
Dukungan warga tersebut dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan harus diserahkan mulai 19-23 Februari 2020 mendatang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, merujuk Surat Keputusan KPU Sukoharjo Nomor 94/PP.03.1-KPT/3311/KPU-Kab/XI/2019 tentang Perubahan Atas Keputusan KPU perihal Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020, bakal pasangan calon perseorangan wajib menyerahkan persyaratan dukungan sebanyak 50.216 pendukung tersebar di minimal tujuh kecamatan.
“Tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati melalui jalur independen dimulai dengan penyerahan syarat dukungan ke KPU. Bakal pasangan calon perseoarangan wajib menyerahkan surat pernyataan dukungan dengan menggunakan formulir model B-1-KWK perseorangan setiap pendukung dan ditempel dengan fotokopi KTP atau surat keterangan,” jelas Nuril.
Surat keterangan KTP tersebut, jata dia, harus diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 maupun Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). Di samping itu, data dukungan harus disusun berdasarkan wilayah desa atau kelurahan. Selanjutnya bakal calon menginput dukungan ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon). (Heru Susilo)

EDITOR : Budi Santoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here