Pusat Penelitian Budaya Jawa Resmi Berdiri Di Sichuan di Xihua University

kerjasama-uns-sichuan
PERESMIAN: Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho meresmikan Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di Xihua University. (suaramerdekasolo.com/dok)
SOLO suaramerdekasolo.com – Budaya Jawa yang dikenal adiluhung kini bisa dipelajari di Universitas Xihua China. Di perguruan tinggi tersebut, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS)  Prof Dr Jamal Wiwoho meresmikan  Pusat Penelitian  Budaya Jawa-Sichuan di Xihua University, belum lama ini.
 
Rektor Prof Jamal mengemukakan, peresmian digelar di ruang rapat 510 gedung administrasi Universitas Xihua. 
 
“Dengan diresmikannya Pusat Penelitian Budaya Jawa- Sichuan ini, kami berharap Xihua University diharap akan menjadi center of excellence budaya Jawa di China, ” kata Prof Jamal. 
 
Xihua University adalah salah satu pergurian tinggi besar di China yang memiliki 26 Fakultas dan 60.000 mahasiswa.
 
Pendirian pusat penelitian Kawa tersebut menurut Rektor sebagai tindak lanjut dari pendirian Institut Konfusius di UNS yang juga difungsikan sebagai pusat pengembangan bahasa Mandarin.
 
Hadir dalam peresmian tersebut Prof Fei Ling- wakil rektor bidang kerjasama internasional; prof Xie Yingguang- dekan fakultas Literatur dan Jurnalistik; Assoc. Prof Lu Yu- direktut Tiongkok Pusat Bahasa Mandarin di UNS; Prof Zhao Qi- dekan Fakultas pendidikan Internasional dan Assoc. Prof Luo Bo- kepala pusat kerjasama Internasional.
 
Rektor mengemukakan, dengan diresmikannya pusat penelitian budaya Jawa-Sichuan tersebut maka antara UNS dengan Xihua University tengah meningkatkan kerjasamanya. Sebelumnya kerjasama hanya pada  pada pertukaran para dosen, penelitian bersama, pengiriman mahasiswa dan kerjasama publikasi internasional.
 
Pada kesempatan itu Rektor juga melakukan pertemuan dengan 10 mahasiswa UNS yang sedang menyelesaikan studinya di Universitas Xihua. Para mahasiswa lulusan D3 bahasa Mandarin yang sedang menyelesaikan studi S1 bahasa Mandarin tersebut merasa sangat senang dengan suasana belajar dan lingkungan di Universitas yang terletak di Chengdu, China bagian barat tersebut.
 
Setelah acara tersebut diadakan pertemuan secara khusus  dengan para pimpinan fakultas Literatur dan Jurnalistik, Fakultas Pendidikan Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Pertanian untuk membahas secara mendetail kerjasama yang saling menguntungkan  kedua belah pihak. (Evie Kusnindya)
 
Editor : Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here