Syarat Bakal Calon Independen di Pilwakot Solo 2020 Mulai Disosialisasikan

calon-perseorangan-pilwakot-solo2

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pada 3-16 Desember 2019 KPU Kota Surakarta mulai melaksanakan tahapan pemilihan wali kota (Pilwakot) 2020 berupa pengumuman syarat bakal calon independen. Ketentuan tahapan itu mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2016.

“Sesuai Pasal 42 ayat 1, pencalonan itu ada dua jalur, yakni perseorangan dan partai politik,” ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti kepada wartawan, Senin (2/12).

Dijelaskan bakal calon yang maju lewat jalur perseorangan di Pilwalkot Solo sudah diatur dalam Pasal 41 ayat 2 huruf C UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilwalkot.

Di antaranya, setiap calon perseorangan harus didukung paling sedikit 8,5 persen dari total penduduk yang sudah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT).

“DPT Solo saat ini sebanyak 421.999 orang. Jadi bakal calon independen harus mengumpulkan sebanyak 35.870 e-KTP,” jelas Nurul.

Mulai Siapkan Syarat Dukungan

calon-perseorangan-pilwakot-solo1

Sesuai perubahan PKPU,  syarat dukungan berupa e-KTP itu harus sudah diserahkan KPU mulai 19-23 Februari 2020.

Dikatakan, dengan diumumkan syarat independen maju di Pilwakot Solo ke publik, warga yang berminat maju bisa segera menyiapkan berkasnya.

“Syarat independen yang kita umumkan berupa jumlah e-KTP, dasar hukum, jadwal pendaftaran, jadwal pengumpulan syarat dukungan dan lainnya,” kata dia. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here