Kejari Karanganyar Musnahkan Sejumlah Barang Bukti

pemusnahan-barang-bukti-kejari-karanganyar
DIMUSNAHKAN : Jajaran Kejari Karanganyar memusnahkan barang bukti dari sejumlah kasus yang telah berkekuatan hukum tetap, Rabu (4/12). (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.comKejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar memusnahkan barang bukti dari kasus yang telah berkekuatan hukum tetap, Rabu (4/12).

Barang bukti yang dimusnahkan berupa 1,4 gram sabu-sabu, paket ganja dengan berat kurang dari 1 gram, alat judi, serta sprayer kecantikan. Barang-barang tersebut berasal dari kasus penyalahgunaan narkoba, serta pelanggaran UU Kesehatan, yang telah ditangani Kejari.

Baca : Kades Girimulyo Ditahan Kejari Karanganyar

Plt Kepala Kejari Karanganyar Mujiarto melalui Kasi Pidana Umum Muhammad Adib Adam menjelaskan, pemusnahan barang bukti tersebut berkaitan dengan proses administrasi, dari kasus yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Dalam setahun, Kejari melakukan pemusnahan barang bukti sebanyak dua kali. Untuk pemusnahan hari ini (kemarin, Red) merupakan yang kedua, dari 10 kasus yang telah ditetapkan vonisnya oleh pengadilan sejak Agustus sampai sekarang,” katanya.

Sebagian dari kasus tersebut, kata Adib, dari penanganan pada tahun lalu. Namun dalam proses pengadilannya, dilakukan proses banding dan kasasi, sehingga proses hukumnya baru kelar pada tahun ini.

Baca : Soal Pengadaan Rubicon Sebagai Mobdin Bupati Karanganyar, Ketua DPRD Malah Kaget

“Pemusnahan dilakukan dengan berbagai cara. Untuk alat judi berupa kartu gaple, dimusnahkan dengan cara dibakar. Begitu pula dengan sprayer kecantikan. Sedangkan untuk barang bukti sabu-sabu, dimusnahkan dengan cara diblender dengan air,” tuturnya.

Kasi Barang Bukti Kejari Karanganyar Harinto menambahkan, barang bukti yang dimusnahkan kali ini relatif sedikit, dibandingkan pemusnahan pada periode sebelumnya.
“Pada pemusnahan sebelumnya, berasal dari 56 perkara yang kasusnya incracht antara Juli 2018 hingga Juli 2019. Jenis barang buktinya mulai dari uang palsu, narkoba, kosmetik, ponsel, dan sebagainya,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

Baca :Kejari Karanganyar Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here