Dalam Setahun 5 Kucing Diselamatkan Damkar, Semuanya Masuk Sumur

damkar-klaten
ALAT PENGAMAN: Personel Damkar Pemkab Klaten memasang alat pengaman sebelum menangani hewan berbisa. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)


KLATEN,suaramerdekasolo.com – Selama satu tahun 2019, tim animal rescue Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten telah menangani kasus penyelamatan binatang di masyarakat. Kasus terbanyak adalah penyelamatan kucing.
Edy Setyawan anggota animal rescue Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten mengatakan sembilan penananganan itu terdiri dari kucing, sapi dan ular.
” Penanganan kasus kucing masuk sumur atau di genteng ada lima kali penanganan,” ungkapnya, Kamis (5/12).

Di luar kucing masuk sumur dan di atap rumah, ada satu kasus penyelamatan sapi masuk sumur dan tiga kasus ular masuk ke dalam rumah. Kasus kucing masuk sumur terakhir datang berturut-turut pada tanggal 29 November 2019. Kucing kampung milik warga Kecamatan Ceper dan Ngawen berhasil diselamatkan.

Baca : Musim Kemarau Wonogiri Diperkirakan Mundur Lagi

Kendala utama dalam penyelamatan hewan masuk sumur ada pada alat yang harus menggunakan vertikal rescue. Di markas pemadam belum ada alat itu sehingga biasanya berkoordinasi dengan SAR Kabupaten Klaten. Sedangkan kasus ular selama setahun sejak bulan Januari sampai Desember hanya ada tiga lokasi.

Ular yang masuk rumah dievakuasi dan dikembalikan ke habitatnya yang jauh dari permukiman. Kasus laporan ular masuk rumah biasanya dilaporkan warga melalui telepon. Warga tidak berani mengevakuasi karena takut bisanya.

Baca : Perbaikan RTLH Wonogiri Ditargetkan Selesai Dua Tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here