Dampak Kerusakan Akibat Angin Kencang Wilayah Karanganyar Cukup Banyak

angin-kencang-karanganyar
ROBOH : Salah satu bangunan di kawasan Tasikmadu roboh, akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Karanganyar, Rabu (4/12) sore lalu. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Kerusakan rumah akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Karanganyar, Rabu (4/12) sore, cukup banyak.
Selain di wilayah Karanganyar Kota, kerusakan bangunan juga terjadi di kawasan Jaten dan Tasikmadu.

Sementara itu, kawasan Karanganyar Kota, terutama di sekitar Alun-Alun Karanganyar yang terlihat berantakan pascaterjadinya angin kencang, Kamis (5/12) sudah kembali bersih.

Pohon tumbang di Jalan Kapten Mulyadi dan Jalan Mojopahit yang melintang hingga menutupi jalan, sudah disingkirkan. Meski demikian, masih ada beberapa ranting patah yang belum tertangani, termasuk di tepian Jalan Lawu.

Baca : Perubahan Musim, Warga Karanganyar Waspadai Angin Kencang

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bambang Djatmiko mengatakan, evakuasi pohon tumbang dilakukan segera tak lama setelah peristiwa dan selesai Rabu malam.

“Biar lalu lintas kembali normal, karena beberapa pohon yang tumbang berada di ruas jalan utama,” katanya, Kamis (5/12).

Perbaikan, menurutnya, masih dilakukan bersama-sama instansi terkait. Mulai dari pembersihan area di sekitar pohon yang tumbang, pemangkasan dahan yang berpotensi patah, hingga perbaikan kabel listrik.

“Kami juga masih menyisir titik-titik yang dilaporkan terdampak angin kencang, untuk mendata dan menerjunkan personel jika membutuhkan bantuan tenaga. Sekaligus membawa bantuan logistik,” tuturnya.

Baca : Hujan Disertai Angin Kencang, Truk Tangki Tertimpa Pohon 

Bambang mengatakan, kawasan Karanganyar Kota menjadi lokasi yang paling terdampak angin kencang, meski tidak banyak bangunan yang mengalami kerusakan cukup parah.
“Kawasan kota hampir merata, kena semua. Ada beberapa baliho yang rusak juga. Kalau di daerah satelit, yang terdampak ada di  Jaten, Tasikmadu dan Kebakkramat,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here