Temu Kader KB dan Jambore Penyuluh Kesehatan Klaten

temu-kader-kb1
TEMU KADES : Bupati menghadiri temu kader KB di GOR Gelarsena, Klaten Utara, Kamis (5/12).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

*Pencegahan Stunting Jadi Fokus Perhatian

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Total Fertility Rate (TFR) atau jumlah rata-rata anak yang dilahirkan wanita usia subur (15-49 tahun) di Klaten mengalami penurunan. Namun angka pernikahan usia dini atau dibawah umur ternyata masih cukup tinggi. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga berencana (Dinsos P3AKB) Klaten, Much Nasir pada pertemuan Bupati dengan ribuan kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD se-Klaten di GOR Gelarsena Klaten, Kamis (5/12).

Baca : Diikuti 35 Kontingen, Klaten Lurik Carnival Meriah

Baca : Kades Gadaren Dibui Penyidik Kejari, Terlibat Kasus APBDes 2018

‘’Upaya menurunkan angka kelahiran dilakukan dengan mengoptimalkan peran penyuluh KB dan Kader Penyuluh KB di desa-desa. Sedang untuk menekan angka pernikahan dini dilakukan sosialisasi program Generasi Berencana (Genre) secara maksimal,’’ tegas Much Nasir.

Temu Kader dan Penyuluh KB dengan Bupati diharapkan dapat memotivasi kinerja mereka. Sayangnya, jumlah penyuluh KB di Klaten masih sangat minim, hanya ada 61 orang yang melayani 401 desa/kelurahan. Padahal idelanya, 1 kader KB membawahi 3 desa. Untuk itu dibutuhkan peran relawan.

Bupati Sri Mulyani berharap acara itu bisa membangun semangat kebersamaan dan membangun komitmen PPKBD dan Sub PPKBD dalan menyukseskan program KB di Klaten. Kader PPKBD dan Sub PPKBD bertugas membantu tersebarnya informasi KB ke masyarakat untuk membangun keluarga sejahtera.

Baca : Diluncurkan Pemkab, Mesin Administrasi Desa Mandiri Dapat Layani Pengajuan Surat Warga

‘’Kader berperan melakukan penyuluhan, pembinaan pelayanan KB serta membantu akseptor KB.  Pemkab Klaten mengapresiasi kader PPKBD dan Sub PPKBD yang telah berjasa menyukseskan program KB di Klaten,’’ tegas Bupati. Dia menyerahkan BKB Kit Stunting untuk 10 Kampung KB wilayah stunting dan PPKBD Kit kepada kader PPKBD.

Tinggalkan Pesan