Menyoal Gus Muwafiq, Kader NU Bentrok dengan Sekelompok Massa di Solo

bentrok-kader-nu-massa-solo
SOLO, suaramerdekasolo.com – Sepulang dari aksi unjuk rasa di Polresta Surakarta, sekelompok massa yang melintas di Jalan Honggowongso terlibat bentrok dengan sejumlah massa yang diyakini dari Banser dan Pagar Nusa yang semula berjaga di Kantor PCNU Kota Surakarta.

Bentrok antara ormas di dekat Kantor PCNU Kota Surakarta terjadi pada Jumat (6/12), disinyalir karena ada kesalahpahaman.

Berdasar pantauan di lapangan, peristiwa tersebut bermula saat puluhan massa dari ormas tertentu usai menggelar aksi unjuk rasa menuntut agar KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq di proses secara hukum dalam kasus penistaan agama di Polresta Surakarta, pulang melewati kantor PCNU.
 

Massa ormas Islam datang dari utara menuju ke arah selatan. Setibanya di Kantor PCNU Solo, terjadi adu mulut dengan ratusan anggota Banser dan Pagar Nusa yang berjaga-jaga di kantor PCNU.

Tak lama setelah terjadi adu mulut, entah dari pihak mana yang memulai muncul lemparan batu dan kayu. Peristiwa tersebut hanya berlangsung sebentar setelah ratusan anggota Brimob dan Dalmas Polresta Surakarta datang ke lokasi kejadian untuk menghalau atau meredam gesekan yang lebih besar.
 
Kejadian itu dikemukakan oleh seorang warga yang kebetulan melihat secara langsung. ”Awalnya saya melihat massa dari ormas tertentu datang mengendarai sepeda motor melewati kantor PCNU. Kedua massa dari NU dan ormas Islam langsung terlibat saling lempar batu dan kayu,” kata Wawan (48), saksi mata yang melihat langsung kejadiannya.
 
Insiden itu, lanjut dia, hanya berlangsung sekitar lima menit. Setelah itu, kedua ormas yang sedang bersitegang dihalau atau dipukul mundur oleh petugas kepolisian yang datang ke lokasi. Meski hanya sebentar, banyak warga yang semula hendak melintas di Jalan Honggowongso pada berlarian untuk menghindari insiden dan takut terkena lemparan batu dan kayu.
 
 

 

Tinggalkan Pesan