Dandim Solo Letkol Inf Wiyata Jajal Panahan Tradisional, Besok 515 Peserta Adu Tangkas Di Ajang Dandim Cup Gladhen Ageng Jemparingan

jemparingan-kodim-solo1

*Digelar Minggu di Benteng Vastenburg

SOLO,suaramerdekasolo.com – Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji menyatakan, kesiapan pelaksanaan kompetisi panahan tradisional (jemparingan) Dandim Cup Gladhen Ageng Jemparingan yang bakal dihelat, Minggu (8/12) di Benteng Vastenburg Surakarta hampir 100 persen.

Letkol Inf Wiyata saat meninjau veneu di Benteng Vastenburg Surakarta menyatakan, saat ajang panahan pada Minggu besok dipastikan siap. Hari ini kata dia, panitia tinggal menyelesaikan pekerjaan akhir saja. 

“Alhamdulillah sarana sudah tergelar, tinggal finishing saja, terang dandim. 

jemparingan-kodim-solo2

Dandim Solo menjelasakan, panitia sudah mencatat ratusan pejemparing (pemanah) dari 40 paguyuban memanah tradisonal dari berbagai daerah yang mendaftarkan diri. Jumlah totalnya 515, terdiri atas dewasa putra 352 orang, dewasa putri 85, anak-anak putra 56, anak-anak putri 22 orang. 

Pada kesempatan tersebut dandim sempat menjajal untuk memanah. Dandim mengaku memikiki kesan saat mencoba alat panahan tradisional tersebut. 

“Tadi sudah menanjajal (memanah-red), kejepret busur, ” kata orang nomor satu di Kodim 0735/Surakarta. 

Sementara itu, panitia acara Guler Santana menambahkan, pelaksanaan Dandim Cup Gladhen Ageng Jemparingan diikuti peserta dari Jawa Bali.

Mereka berasal dari Bali, Madura, Surabaya, Magetan, Solo Raya, Yogyakarta, Semarang dan Jawa Barat.

Panitia kegiatan Guler Santana mengatakan, kegiatan kompetisi panahan yang diselenggarakan oleh Kodim 0735 Surakarta dan didukung oleh Padepokan Djemparingan Hardho Dedali, dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Eka Paksi 2019. Tujuan lain adalah mempererat tali silaturahmi antar pejemparing.

“Tujuan lainnya lagi adalah turut serta dalam melesatarikan kebudayaan  Nusantara dalam hal ini panah tradisional bandulan. Serta memeriahkan Solo sebagai kota event, kota budaya dan olahraga,” imbuh Guler. (Budi Santoso)

Editor : NIndya Achmadi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here