Sensus Penduduk akan Diadakan Serentak Pada 2020

sensus-penduduk-2020
MENYAMPAIKAN MATERI : Petugas BPS Wonogiri menyampaikan materi saat sosialisasi Sensus Penduduk di pendapa Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/halid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sensus penduduk rencananya akan diadakan tahun 2020 mendatang. Dalam sensus tersebut, penduduk Indonesia diberi kesempatan untuk melakukan pendataan mandiri atau tanpa proses wawancara langsung dengan petugas.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonogiri Zulfikar Rizky mengungkapkan, sensus penduduk diadakan demi tata kelola data kependudukan yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. “Sampai saat ini, Indonesia sudah enam kali mengadakan sensus. Adapun sensus 2020 nanti beda dengan sebelumnya,” katanya saat menggelar sosialisasi mengenai sensus penduduk Indonesia 2020 di pendapa Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini.

Baca : Sragen Masih Diminati Investor, Tahun Depan Bisa Miliki Gedung Bioskop

Sensus 2020 mendatang akan menerapkan metode kombinasi. Pihaknya menggunakan data administrasi kependudukan (Adminduk) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sebagai data dasar. Data tersebut kemudian dilengkapi oleh petugas saat mengadakan sensus.

Selain itu, sensus 2020 akan menerapkan pendataan mandiri dengan metode Computer Aided Web Interviewing (Cawi). Dengan metode tersebut, penduduk bisa mengisi data-data mereka sendiri dari rumah, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas.

Baca : Warga Penolak Tambang Mulai Diintimidasi, Di Alur Sungai Woro

“Februari 2020, mulai diadakan sensus penduduk secara online atau mandiri. Kemudian pada Juli 2020, diadakan sensus dengan petugas yang mendatangi penduduk,” terangnya.

Setelah itu, data-data yang terkumpul akan dilakukan pemeriksaan dan verifikasi. “Nanti akan dibahas secara lebih detail pada rapat-rapat koordinasi selanjutnya,” imbuhnya. (Khalid Yogi)

Baca : Porang Diekspor ke Jepang dan Tiongkok Harganya Mencapai Rp 65.000/Kg

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here