Klaten Diterjang Bencana Angin Puting Beliung, berikut Data Lengkap Kerusakannya

angin-puting-beliung-klaten
KORBAN MENINGGAL : Bocah berusia enam tahun menjadi korban meninggal angin puting beliung di Klaten, Rabu (11/12). (suaramerdekasolo.com/dok)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Hujan deras disertai terjangan angin puting beliung kembali melanda sejumlah wilayah di Klaten, antara lain di Kecamatan Karanganom, Jatinom, Trucuk, Polanharjo, Klaten kota dan sejumlah kecamatan lain.

Ini Dampak Hujan Deras dan Terjangan Angin Kencang di Klaten, Rabu 11 Desember 2019 pukul 13.55 WIB.

Baca : Angin Puting Beliung Klaten Telan Korban: Anak 6 Tahun Tewas, Pabrik…

Data Posko BPBD Klaten sampai pukul 17.30 WIB

Kondisi Umum/Kronologis :
Hujan deras dan angin kencang Rabu sekitar pukul 13.55 WIB melanda Kabupaten Klaten. Lima kecamatan terdampak dari angin kencang dan hujan deras tersebut. Puluhan pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa beberapa rumah. Selain itu, atap rumah warga juga rusak ringan karena tersapu angin.

Berikut rinciannya perkecamatan.

1. Kecamatan Jatinom
Pohon tumbang menutup akses jalan di seputaran Koramil Jatinom.

2. Kecamatan Tulung
Pohon beringin berdiameter 100cm tumbang lokasi wisata umbul cokro /omac dan mengakibatkan pagar juga fasilitas kolam mengalami rusak ringan.

3. Kecamatan Manisrenggo

a) Desa Barukan, pohon pakel berdiameter 20 cm tumbang menimpa Baledesa Barukan dan mengakibatkan bangunan rusak ringan.

b) Dukuh Karanganyar RT 23 RW 08, Desa Tijayan Pohon Gayam tumbang menimpa rumah bagian dapur dan kandang milik Ibu Hartini dan mengakibatkan Rusak Ringan.

c) Dukuh Karanganyar RT 23/RW 08 Desa Tijayan, pohon lamtoro tumbang menimpa rumah dan mengakibatkan rumah rusak ringan.

4. Kecamatan Karangnongko
a. Pohon tumbang menimpa jaringan listrik PLN di Dukuh Karangnongko, Desa Karangnongko tepatnya di sebelah utara Kecamatan Karangnongko 100 m.

Baca : Angin Puting Beliun Boyolali Tewaskan Satu Orang, Korban Tertimpa Bangunan Roboh

5. Kecamtan Klaten Utara

a) Pohon talok berdiameter 20 cm rubuh menutup akses jalan di sebelah utara Alfamart Bramen dan sudah ditangani Tim BPBD beserta warga sekitar.

b) Pohon velesium berdiameter 50 cm tumbang menimpa warung soto dan angkringan di pasar taman Gergunung dan mengakibatkan bangunan rusak ringan.

c) Pohon tumbang menimpa rumah Bp Baryono Di dukuh Margomulyo RT4/RW 11 Desa Gergunung dan mengakibatkan rumah rusak ringan.

d) Perumahan Timur taman Gergunung Pohon jenis jati berdiameter 20cm tumbang menimpa atap rumah milik Bpk Baryono, atap berupa seng rusak ringan

6. Kecamatan Trucuk

a) Pohon Berdiameter 40 cm tumbang dan menimpa penggergajian kayu milik Bp Bani di Desa Wanglu, RT 20/RW 10, mengakibatkan dua orang yang sedang berteduh mengalmi luka ringan.
Korban Bp Yudi Syuro, 57 tahun dan Ibu Wagiyem (mendut) 60 tahun. Korban mendapar perawatn di puskesmaa Trucuk dan sudah diperbolehkan pulang. Bangunan pengergajian rusak verat.

b) Dukuh Santren RT 05/ RW 02 Desa Karangpakel pohon munggur berdiameter 60 cm dan 40 cm menutup jalur jalan desa.

7. Kecamatan Delanggu

a) Penanganan pohon dawung diameter 50 cm di depan pabrik Aqua di jalan Cokro

b) Dua Pohon talok berdiameter 40 cm tumbang dan menutup akses jalan di area Pabrik Aqua.

Baca : Mohon Maaf, Komplek Umbul Pengging Ditutup Sementara

8. Kecamatan Karanganom

a) Pohon tumbang di Jalan Troso Karanganom dan menimpa pengendara yang kebetulan lewat dan mengakibatkan satu anak atas nama Alifa Azahra Awinda Putri usia 6 tahun meninggal dunia, ibunya Tri Sundari 36 tahun mengalami luka dibawa ke IGD Pusdkesmas Karanganom, ayahnya Sahawi 31 tahun Di bawa ke PKU Karanganom. Lokasi kejadian di Desa Kunden, sedangkan korban beralamat di Jungkare Karanganom.

9. Kecamatan Polanharjo

a) Pohon tumbang menimpa jaringan listrik di seputaran Umbul Manten Sidowayah

b) Pohon tumbang menutup akses jalan di Depan SMPN 2 Polanharjo.

c) Sekitaran pabrik PT Tirta Investama beberapa pohon tumbang menganai truk ekspedisi dan mengakibatkan Truck mengalami rusak ringan.

d) Desa Sidowayah RT 02/RW 01 rumah Bp Sunarno genteng berterbangan serta tertimpa pohon mangga dan pohon jambu, mengakibatkan rumah rusak ringan.

e) Desa Sidowayah RT 02/RW 01 warung ibu Sri Suwarni tertimpa pohon mangga dan pohon jambu mengakibatkan bangunan rusak ringan.

f) Rumah Bp Wagiyo di Desa Sidowayah RT 02/RW 01 genting terbawa angin dan mengakibatkan rumah mengalami rusak ringan.

g) Desa Kenteng RT 17/ RW 08 pohon mlinjo menimpa pagar rumah dan mengakibatkan bangunan rusak ringan.

Baca : Ratusan Warga Terdampak RUM Demo, Tuntut Ketegasan Pemkab Soal Penutupan

 

Tinggalkan Pesan