11 Anggota Fraksi PDIP Sragen Daftar Cawabup di DPD

ketua-dpc-pdip-karanganyar
FOTO ILUSTRASI

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Sembilan dari 13 anggota DPRD Sragen dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftar sebagai calon wakil bupati (cawabup) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020 ke DPD PDIP Jateng, Senin (9/12). Para legislator DPRD Sragen itu mendaftar karena adanya instruksi dari DPP PDIP dan DPD PDIP Jawa Tengah.

Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno, membenarkan bahwa sembilan anggota DPRD dari Fraksi PDIP telah mendaftar sebagai cawabup lewat DPD PDIP di Semarang, pada Senin (9/12).

“DPD PDIP memang mengeluarkan imbauan agar semua anggota Fraksi PDIP di Sragen mendaftar sebagai bakal calon di Pilbup 2020,” kata Suparno.

Baca : Ratusan Warga Terdampak RUM Demo, Tuntut Ketegasan Pemkab Soal Penutupan

Berdasarkan data yang ada, mereka yang mendaftar itu adalah Sugiyamto, Sugiyarto Sukamto, Sutimin, Rizka Ayu Yadi Putri, Joko Setiawan, Sigit Pramono, Eko Muji Suharto, yang mendaftar dengan memberikan kuasa, serta Suyanto yang ikut datang ke DPD PDIP. Sementara Bambang Samekto yang mantan Ketua DPC PDIP dan Ketua DPRD telah mendaftar pada Minggu (8/12), serta Heru Waluyo yang sebelumnya sudah mendaftar saat pendaftaran di DPC PDIP Sragen.

Menurut Suparno, dari 13 anggota DPRD Sragen dari Fraksi PDIP, ada dua yang tidak ikut mendaftar. Yang pertama adalah dirinya karena sudah menjadi Ketua DPRD Sragen. Yang kedua adalah Wulan Purnama Sari, isteri Ketua DPC PDIP Untung Wibowo Sukawati yang juga adik ipar Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Baca : Ginda Klarifikasi Ke DPC PDIP

“Dari 13 anggota Fraksi PDIP memang saya dan Mbak Wulan yang tidak mendaftar. Saya sudah menjadi Ketua DPRD sehingga tidak boleh mendaftar. Kalau Mbak Wulan adiknya Mbak Yuni, jika ikut mendaftar nanti di hadapan masyarakat tidak baik. Ini juga imbauan dari DPD PDIP Sragen,” tandas Suparno.

Anggota Fraksi PDIP diminta mendaftar sebagai cawabup agar mengetahui mekanismenya dan sebagai bentuk loyalitas kepada partai.

“Terkait soal keputusan akhirnya nanti terserah DPP yang menentukan, itu kewenangan mereka,” tegasnya.

Baca : Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu Keberatan Rencana Pencalonan Gibran Di Pilwakot Surakarta

Tinggalkan Pesan