43 Pasangan Menikah Massal di Wonogiri

nikah massal-wonogiri
MENJALANI SIDANG : Sejumlah pasangan menjalani sidang isbat nikah di ruang Kahyangan, Pemkab Wonogiri, Kamis (12/12). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 43 pasangan suami isteri mengikuti Sidang Terpadu Perkara Isbat Nikah di ruang Kahyangan, Pemkab Wonogiri, Kamis (12/12). Status perkawinan mereka akhirnya tercatat secara resmi oleh negara.

Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Wonogiri, Mubarok melalui Kasubbag Kesejahteraan Sosial, Rohimam mengungkapkan, para pasangan suami isteri itu berasal dari tiga kecamatan. “Sebanyak 22 pasangan dari Kecamatan Ngadirojo, 20 pasangan dari Kecamatan Jatipurno, dan satu pasangan dari Kecamatan Wonogiri,” kata Rohimam.

Baca : Nurhayati, Pembunuh Anggota DPRD Sragen Divonis 15 Tahun Penjara

Baca : Gempar, Kasus Ibu Racuni Diri dan Dua Anaknya Di Wonogiri


Sidang isbat tersebut untuk membantu pasangan-pasangan yang telah menikah namun belum tercatat secara resmi oleh negara. “Pernikahan mereka sebenarnya telah sah sesuai agama. Tetapi pernikahannya dulu hanya melalui tokoh, belum melalui penghulu, sehingga secara administrasi belum tercatat,” terangnya.

Sidang Terpadu Perkara Isbat Nikah tersebut diadakan oleh Pengadilan Agama Wonogiri, Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Wonogiri dan Bagian Kesra Setda Wonogiri.

Baca : 11 Anggota Fraksi PDIP Sragen Daftar Cawabup di DPD

Witono (65) dan Kariyem (60), salah satu pasangan warga Dusun Tawangsari, Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno mengaku lega setelah mengikuti sidang isbat tersebut. Pasalnya, pasangan yang telah menikah sejak tahun 1975 itu akhirnya tercatat secara resmi oleh negara.

Pasangan yang telah dikaruniai dua anak dan tiga cucu itu baru bisa mengurus surat-suratnya setelah mengikuti Sidang Terpadu Perkara Isbat Nikah. “Lega karena sekarang sudah bisa mengurus surat-surat,” ujarnya. (Khalid Yogi)

Baca : Nyaris 1.000 Relawan Kawal Gibran Daftar Balon Wali Kota solo Ke DPD PDIP Jateng

Editor : Sri Hartanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here