44 OPD Ikuti Lomba Budaya Kerja, 7 OPD Absen

0
lomba-budaya-kerja-klaten
LOMBA BUDAYA KERJA : Peserta Lomba Budaya Kerja sedang beraksi di panggung Pendapa Pemkab Klaten, Rabu (11/12).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 44 peserta dari 44 organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Klaten ambil bagian dalam Lomba Budaya Kerja di Pendapa Pemkab Klaten, Rabu (11/12). Mereka berlomba menampilkan yel-yel, tarian, hingga drama pendek yang berisi rencana aksi dalam menjalankan tugas sesuai OPD masing-masing.

Lomba yang diselenggarakan Bagian Organisasi Setda Klaten itu berlangsung meriah, setiap OPD mengutus beberapa wakilnya untuk beraksi di depan panggung. Ratusan ASN memenuhi Pendapa Pemkab Klaten untuk memberikan semangat kepada kawan-kawannya.

Baca : Klaten Diterjang Bencana Angin Puting Beliung, berikut Data Lengkap Kerusakannya

‘’Lomba ini bertujuan meningkatkan kinerja ASN sesuai dengan tugas pokok fungsinya di OPD masing-masing. Selama ini, mereka berkutat dengan tugas yang diharuskan sesuai dengan aturan yang ketat, ada saatnya mereka rileks dengan mengikuti lomba seperti ini,’’ kata Kabag Organisasi, Bambang Sujarwo.

Dalam lomba tersebut, para peserta berupaya mencurahkan kreasi untuk memaparkan budaya kerja yang di OPDnya. Beberapa peserta menampilkan kreasi gerak diiringi lagu Asian Games yang dinyanyikan Via Vallen, namun syairnya telah diubah sesuai slogan budaya kerja OPDnya.

Baca : Toyota Jadi Market Leader di Sragen

Ada pula yang seperti berpidato memaparkan budaya kerja yang ingin diwujudkan di OPDnya. Namun ada pula yang kreatif fengan membuat drama pendek, bahkan mereka rela berdandan lumayan ribet agar sesuai dengan karakter yang dimainkan.

‘’Setiap peserta diberi waktu tampil 5 menit, yang ditampilkan bermacam-macam sesuai dengan kreasi masing-masing. Mungkin karena lomba ini baru yang pertama digelar, jadi mereka masih bingung mencari apa yang akan ditampilkan,’’ ujar Bambang Sujarwo.

Baca : Tersandung Video Mesum, Camat Karangtengah Dicopot

Tahun depan, rencananya kegiatan refreshing dari rutinitas kerja itu akan kembali diselenggarakan bukan dalam bentuk lomba tapi ‘’Gelar Budaya Kerja’’. Diharapkan, OPD akan lebih siap untuk menampilkan yang terbaik sesuai dengan kreatifitas seni dan inovasinya.

Lomba dibuka Sekda Jaka Sawaldi itu diikuti 44 OPD dari 51 OPD yang akan di Pemkab Klaten. Ada 7 OPD yang tidak ambil bagian, yakni DPUPR, Dinas Kesehatan, Disperwaskim, BPKD, Kesbangpol, Dinas Pehubungan, dan Kecamatan Gantiwarno.(Merawati Sunantri)

Baca : Angin Puting Beliung Klaten Telan Korban: Anak 6 Tahun Tewas, Pabrik…

Editor : Budi Sarmun 

 

Tinggalkan Pesan