Bersihkan Kali Gabahan, Kapolres Geleng-geleng Temukan Kasur Bekas

polres-karanganyar-bersihkan-sungai
BERSIH-BERSIH – Polisi bergerak mengawali membersihkan kali Gabahan untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan datang. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Kesadaran masyarakat untuk merawat kali memang rendah. Saat memimpin kegiatan bersih-bersih kali Gabahan di utara RS PKU Muhammadiyah Papahan, Kapolres Karanganyar  menemukan kasur busa bekas yang dibuang begitu saja ke kali.

‘’Beginilah kesadaran masyarakat. Ini baru kegiatan untuk menggugah kesadaran saja. Kita memberi contoh supaya tidak buang sampak ke kali. Sebab kenyataannya kasur bekas, potongan bambu, sampah masih di plastik, softex, semua dibuang ke kali,’’ kata AKBP Leganek Mawardi didampingi Wakapolres Kompol Dyah Wuryaning Hapsari serta Kasat Binmas AKP Suwarsi, Sabtu.

Membawa sekitar 150 prajurit Polres Karanganyar, tambah Satpol PP, Satpam, staf kebersihan Dishub PKP, dan lainnya, Kapolres hanya geleng-geleng kepala saat kasur itu diangkat ke truk sampah beramai-ramai.

Dia mengatakan, di satu sisi masyarakat mengeluhkan banjir sehingga menjelang musim hujan ini perlu dilakukan antisipasi, namun kenyataannya masyarakat sendiri yang belum memiliki kesadaran untuk tidak mengotori kali.

Karena itu dia menggugah masyarakat, bahwa kali ini perlu dirawat dengan tidak membuang sampah yang mengakibatkan kali mampet dan air membeludak keluar saat hujan.

Akibatnya banjir. Termasuk kali Gabahan ini, meski sudah dilebarkan tapi jika dipakai membuang sampah ya sama saja akan banjir.

Satu truk sampah yang disiagakan untuk mengangkut sampah kali Gabahan penuh dengan sampah yang diangkut dari dasar kali persis di bawah jembatan.

Kasur bekas, dangkel bambu sepanjang lima meter lebih yang masih utuh dengan daun dan dahan, serta jenis sampah rumah tangga, diangkut ke atas untuk dibuang.

Kapolres mengatakan, saat rapat koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru, salah seorang Camat mengingatkan agar segera ada gerakan mengantisipasi musim hujan.

Kali Gabahan untuk wilayah Tasikmadu dan Sungai Grompol di Kebakkramat menjadi sasaran.

‘’Meski kali sudah dilebarkan dan dibuatkan jembatan baru, tetap harus ada perawatan dan antisipasi agar betul-betul aman dari banjir saat musim hujan datang. Karena itu masyarakat setempat harus segera diajak kerja bakti. Polisi hanya mengawali saja,’’ kata dia. (Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here