BPBD Karanganyar Intensif Sosialisasikan Penanganan Kebakaran ke Pelajar

sosialisasi-apar-smkn-jenawi-karanganyar
SOSIALISASI : Petugas BPBD Karanganyar menyosialisasikan cara pemakaian APAR dan pemadaman api, kepada siswa SMKN Jenawi, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com –¬†Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mengintensifkan sosialisasi penanganan kebakaran kepada para pelajar di Bumi Intanpari.

Hal itu dilakukan, agar mereka tahu bagaimana cara memadamkan api yang benar tanpa membahayakan diri sendiri, jika terjadi kebakaran. Juga mengetahui cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), sehingga bisa melakukan tindakan awal jika terjadi kebakaran.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Karanganyar Hartoko mengatakan, banyak siswa maupun pengajar di sekolah, yang belum paham tentang cara memadamkan api yang efektif.

Misalnya, untuk memadamkan api dari yang timbul dari bahan bakar seperti bensin, lebih efektif menggunakan pasir atau karung goni basah, daripada disemprot air. Sebab jika disemprot, api malah akan makin membesar dan menyebar.

Selain itu, saat akan memadamkan api, harus memerhatikan arah angin. Sehingga orang yang akan memadamkan aman dari jilatan api.

“Banyak juga yang belum tahu, bagaimana cara menggunakan APAR. Karena itu, dalam berbagai kesempatan, kami sosialisasikan hal ini. Agar mereka tidak panik jika menghadapi kebakaran dan tahu, apa yang harus diperbuat. Jika ada APAR, mereka tahu bagaimana menggunakannya,” katanya.

Sosialisasi ke pelajar dan tenaga pendidik, biasanya dilakukan dalam kunjungan-kunjungan ke berbagai sekolah, dalam rangka sosialisasi antisipasi kebencanaan. Baik dilakukan oleh BPBD sendiri, maupun jika ada permintaan dari pihak sekolah. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here