Cegah Stunting, Siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta Dikenalkan Isi Piringku

1
isi-piringku
ISI PIRINGKU : Siswa menerima menu makan siang dari sekolah yang sesuai dengan slogan Isi Piringku.(suaramerdekasolo.com/dok)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta mengampanyekan slogan “Isi Piringku” untuk mencegah stunting sejak dini. 
 
Stunting ialah masalah kurang gizi kronis, ditandai tinggi badan  anak lebih rendah dari standar usianya dan keterlambatan fungsi otak.  
 
“Isi Piringku adalah pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna, kami juga mengajak warga sekolah sebanyak 795 siswa dan masyarakat umumnya untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak,” ujar Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko.
 
Slogan Isi Piringku merupakan pengganti istilah Empat Sehat Lim Sempurna. 
Dikemukakan, buah dan sayur adalah asupan kaya nutrisi, dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan. Salah satu unsur penting yang terdapat dalam buah dan sayur ialah kandungan serat.
 
Mendidik anak kekinian untuk suka sayur dan buah apabila mantap bergotong-royong bekerja sama dimulai dengan melibatkan peran serta orang tua dan anak-anak untuk memilih sendiri buah dan sayur yang mereka senangi.
 
 
“Dahulukan makan buah sebelum makan nasi, kebanyakan anak tidak menyukai makan sayur-sayuran, tetapi tidak berlaku di sekolah kami, ” kata Jatmiko.
 
Tak hanya menerapkan Isi Piringku, diharapkan para warga sekolah juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kehidupan yang lebih baik.
 
Di antaranya seperti menggunakan jamban yang bersih dan sehat, memelihara rambut agar bersih dan rapi, memakai pakaian bersih, memelihara kuku, sepatu, berolahraga teratur dan terukur.
 
“Jika seorang anak memiliki fisik yang sehat, maka perkembangan otaknya maksimal optimal dan akan menjadi generasi emas penerus bangsa,” imbuh petugas dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Agus Subagyo. (Evie Kusnindya)
 
Editor : Budi Sarmun 
 

 

 

1 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan