Isak Haru Saat Si Anak Membasuh Kaki Ibu

0
siswa-smkn-jenawi1
BAKTI ANAK : Sejumlah siswa SMKN Jenawi membasuh kaki dan sungkem pada ibunya, di acara Ibuku Pahlawanku yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu di halaman sekolah, Rabu (18/12). (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin) 


KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com. Suasana haru menyeruak, saat sejumlah siswa SMKN Jenawi dengan takzim membasuh kaki ibunya. Denting gitar yang menyuarakan nada lagu Bunda karya Melly Goeslaw, mengiringi pembacaan puisi tentang perjuangan seorang ibu, membuat suasana semakin haru.
Sesekali, terdengar isak dari ibu-ibu, saat kakinya dibasuh air kembang oleh anaknya. Puncaknya, ketika si anak sungkem. Tangis haru pecah, saat si anak menyampaikan rasa bakti pada orang yang telah melahirkannya.
Hadirin yang menyaksikan momentum tersebut, tak sedikit yang matanya berkaca-kaca. Tak kurang 20-an menit, momentum haru itu membius siswa dan orang tua yang hadir di acara Ibuku Pahlawanku, yang digelar di halaman SMKN Jenawi.
Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu, yang juga menjadi pemuncak di penghujung semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Di acara itu, juga dilakukan launching program smart school dan business corner SMKN Jenawi, serta pembagian raport hasil pembelajaran semester ganjil.
Hastuti, salah satu ibu yang dibasuh kakinya mengaku terharu dengan digelarnya acara dalam rangka memperingati Hari Ibu.
 
siswa-smkn-jenawi2
“Saya bersyukur, anak saya bisa bersekolah di sini, karena ada  pendidikan karakter yang diterapkan. Semoga anak saya nantinya menjadi orang yang berguna, bagi negaranya, bagi lingkungannya,” ujar ibu dari Amara, siswa kelas XII ini.
Kepala SMKN Jenawi Sri Eka Lelana mengatakan, tema Ibuku Pahlawanku diangkat agar seluruh siswa bisa menghormati perjuangan orang tua yang telah membesarkannya, terutama ibu yang berjuang mempertaruhkan nyawa saat melahirkan.
“Ini bagian dari pendidikan karakter, tentang rasa menghormati pada orang tua. Agar si anak tidak melupakan jasa orang tuanya, menghargai orang tuanya yang telah susah payah berjuang, sehingga si anak serius dan tidak main-main dalam menempuh pendidikan,” katanya.
Untuk meramaikan acara, selain hiburan musik, juga diundang bintang tamu Okan Kornelius yang berbagi kisah perjalanan hidupnya dalam meniti karis.
“Bintang tamu Okan Kornelius berbagi kisah sukses, dengan harapan menjadi motivasi bagi siswa untuk tidak menyerah dalam berjuang meraih kesuksesan di masa depan,” imbuh Kepala SMKN Jenawi. (Irfan Salafudin)
 
Editor : Budi Sarmun
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Tinggalkan Pesan