Libur Nataru, Dinas Perhubungan Klaten Sisir Angkutan Umum

0
nataru-klaten
BUS ANGKUTAN: Tim Dinas Perhubungan Pemkab Klaten mengecek kelayakan bus di garasi PO masing-masing. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

*Ditemukan Dua Tidak Layak

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Menjelang datangnya libur natal dan tahun baru 2019, Dinas Perhubungan Pemkab Klaten menyisir angkutan umum. Penyisiran ramp chek dilalukan di terminal dan garasi perusahaan otobus (PO).

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sapto Widi Hapsoro mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk mengecek persiapan kelayakan angkutan dalam rangka persiapan libur natal dan tahun baru.

” Di terminal kami periksa 15 bus dan yang tidak layak ada dua bus,” ungkapnya, Jumat (20/12).

Menurut Sapto, pengecekan dilakukan baik memeriksa teknis kendaraan berupa mesin sampai lampu. Termasuk kelengkapan surat dan adminstrasi bus lainya. Yang tidak lengkap dan tidak layak diminta membenahi sebelum melanjutkan operasi.

Selain di terminal pemeriksaan dilakukan dengan menyisir garasi PO di Kabupaten Klaten. Sejak dilakukan penyisiran sudah ada dua PO yang diperiksa.

Di Kabupaten Klaten total ada 13 PO yang ada di berbagai wilayah. Pemeriksaan itu dilakukan guna mengecek kesiapan angkutan umum jelang libur natal dan tahun baru. Baik kesiapan administrasi dan teknis kendaraan. Bus yang diperiksa meliput jenis angkutan wisata maupun reguler penumpang.

Pemeriksaan dilakukan di garasi PO sebab di terminal sudah dilaksanakan oleh pusat maupun dinas provinsi. Di Kabupaten Klaten jumlah bus sebanyak 417 unit dari 13 PO yang ada. Dari dua lokasi awal yang diperiksa yaitu PO Damai dan PO Putra Jaya, belum ditemukan pelanggaran sebab bus banyak yang baru.

Bersambung..

Tinggalkan Pesan