Pakai Sistem CAT, Jangan Percaya Calo CASN

0
pendaftaran-casn
FOTO ILUSTRASI

 

SRAGEN,suaramerdekasolo.com- Masyarakat diminta hati-hati dan tidak percaya, bila ada orang atau oknum, yang mengaku bisa meloloskan dalam seleksi tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), dengan imbalan sejumlah uang hingga ratusan juta.

Hal ini karena sistem seleksi yang sudah transparan dimana hasilnya bisa langsung diketahui. Tips agar bisa lolos dalam seleksi CASN adlaah belajar yang tekun dan senantiasa berdoa.

Hal ini dikemukakan Kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sutrisna tatkala ditemui belum lama ini. “Jangan percaya ada yang mampu meloloskan di ujian CASN, dengan imbalan uang, sebab pelaksanaan tes sudah transparan dan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT),” kata Sutrisna.

Menurut Sutrisna, mereka yang akan menempuh tes CASN harus rajin belajar supaya bisa lolos dengan nilai tertinggi.
Untuk passing grade atau ambang batas kelolosan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada ujian CASN tahun ini juga lebih rendah, dibanding seleksi tahun lalu. Untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65.

Untuk passing grade tahun lalu, TKP 143, TIU 80 dan TWK 75. “Kalau tingkat kesulitannya kami tidak tahu, tapi yang pasti passing gradenya turun,” katanya.

Melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS 2019, diketahui bahwa passing grade CPNS tahun ini lebih rendah dibanding CPNS 2018. Nilai ambang batas SKD merupakan nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi CPNS.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam berbagai kesempatan, lanjutnya, juga sudah mewanti-wanti hal tersebut. Masyarakat agar hati-hati dan jangan percaya ada orang yang menjanjikan bisa meloloskan dalam tes CASN.

“Masyarakat harus berhati-hati, jangan mudah percaya,” tegas mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini.

Tinggalkan Pesan