Ormas Dilibatkan untuk Pengamanan Natal Wonogiri

0
Pengamanan-natal-wonogiri
PENGAMANAN NATAL : Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing menyapa jamaah Gereja Katolik St Yohanes Rasul saat pengamanan Natal di jalan Murtipranoto, Lingkungan Sanggrahan, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/12). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) juga dilibatkan dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Selain itu, Standar Operasional dan Prosedur (SOP) pengamanan gereja diperketat.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing mengatakan, beberapa Ormas yang dilibatkan, antara lain Banser, Senkom Mitra Polri, Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI), dan pemuda-pemuda gereja. “Ormas-ormas kami libatkan agar ibadah berjalan dengan baik,” katanya, Rabu (25/12).

Dalam rangka Operasi Lilin Candi 2019 ini pihaknya meningkatkan sinergitas Polri bersama Kodim, Pemkab Wonogiri dan instansi terkait lainnya. Pihaknya juga menggandeng elemen masyarakat membantu berpartisipasi agar ibadah berjalan dengan baik. “Pengamanan difokuskan di tempat ibadah yang mengadakan kegiatan Natal, obyek wisata, pasar, stasiun, dan tempat-tempat keramaian,” imbuhnya.

Adapun kegiatan preemtif untuk mengantisipasi adanya aksi teror dilakukan dengan memperketat SOP pengamanan. Seluruh anggota kepolisian juga menggunakan pelindung tubuh, metal detectoranjing pelacak, serta memberdayakan elemen masyarakat untuk waspada.

Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sampai saat ini cukup kondusif. Pihaknya belum menerima laporan adanya aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan atau kecelakaan lalu lintas, sweeping Ormas, hingga aksi penolakan peribadatan. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan