Natal, 35 Napi Dapat Remisi

0
rutan-solo
FOTO ILUSTRASI/kompas

SOLO, suaramerdekasolo.com– Sebanyak 35 narapidana (napi) dari 71 narapidana yang beragama Nasrani mendapat pengurangan hukuman.
Meski memperoleh remisi, namun 35 napi tidak ada satupun yang langsung bebas. Hal itu dikemukakan Kepala Rutan Klas IA Surakarta, M Ulin Nuha saat dikonfirmasi, Rabu (25/12).

Pemberian remisi natal tahun ini, lanjut Karutan, jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun lalu, dimana pada natal 2018 hanya 11 napi yang mendapat remisi natal.

Upaya untuk memberikan remisi, tambah Ulin Nuha, tidak ada diskriminasi. Sebabseluruh napi yang beragama Kristen dan Katholik diusulkan untuk mendapat remisi, namun hanya setengahnya yang disetujui oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Pusat.

”Dari 35 napi yang mendapat remisi, 20 napi terjerat kasus narkoba, sedang 15 napi terlibat dalam kasus tindak pidana umum,” terangnya
Untuk masa pengurangan hukuman, kata Karutan, ada yang menerima remisi selama 15 hari, ada yang satu bulan serta ada yang mendapat potongan hukuman selama 1,5 bulan.

Penyerahan remisi bagi 35 napi dilaksanakan di Aula Rutan, pada Selasa (24/12). ”Sedang pada Rabu (25/12), kegiatan di rutan difokuskan untuk memberikan pelayanan bagi pengunjung yang ingin membesuk keluarganya yang merayakan natal dan masih menjalani hukuman di rutan,” paparnya. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan