19 Dokter Baru Lulusan Fakultas Kedokteran UMS Dilantik dan Disumpah

0
sumpah-dokter-ums

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melantik 19 dokter baru, terdiri dari 17 dokter wanita dan 2 dokter pria, dalam Pelantikan dan Sumpah Dokter FK UMS Periode ke-35, Sabtu (28/12).

Pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di Arcadia Ballroom The Sunan Hotel Solo. Mereka yang dilantik telah menempuh pendidikan S1 selama 4 tahun dan dokter selama 88 pekan atau 1,7 tahun di FK UMS. Mereka juga telah lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah dr Baiq Selsilya Prapita Nilda dengan IPK 3,62, putri dari Lalu Sahdan – Baiq Mahni.

Sedangkan lulusan termuda yang dilantik adalah dr Ayu Lestari, yang lulus pada usia 23 tahun 9 bulan 1 hari, putri dari H.Akhmaludin – Hj Panca Erna.

Dekan FK UMS Prof Dr dr Em Sutrisna MKes berharap, para lulusan dokter menjaga nama baik almamater, mengabdikan diri menjadi klinisi, akademisi, juga melakukan studi lanjut menjadi dokter spesialis atau strata yang lebih tinggi.

“Para alumnus FK UMS banyak yang telah menjadi pegawai fungsional di seluruh Indonesia. Banyak juga yang menjadi relawan medis di daerah yang memerlukan bantuan medis dan kemanusiaan. Hingga saat ini, FK UMS telah meluluskan 866 dokter, terdiri dari 572 dokter wanita dan 294 dokter pria,” katanya.

Fakultas juga bekerjasama dengan 10 rumah sakit dan wahana pendidikan yakni RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, RSUD Karanganyar, RS PKU Muhammadiyah Surakarta, BBKPM Surakarta, RSUD Dr Harjono S Ponorogo, RSUD Dr Sayyidiman Magetan, DKK Sukoharjo, RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta, RSUD Dr Moewardi dan RSJD Dr Arif Zainuddin Surakarta.

“Selain itu, FK UMS juga menjalin kerjasama internasional dengan Chulalongkorn Public Health School (CPHS) Thailand, Medical Faculty of Khon Kaen University Thailand, Ciberjaya College of Medical Science University of Malaya Malaysia,” jelasnya.

Student exchange juga dilakukan, dengan mengirim mahasiswa dan supervisor FK UMS dan supervisor ke institusi-institusi tersebut. “Kami terus berupaya mencetak dokter yang berkualitas, sesuai visi menjadi fakultas kedokteran Islami, yang unggul di bidang kedokteran keluarga untuk kemaslahatan umat manusia pada 2029,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan